-->

Iklan

https://picasion.com/

Manakah yang Lebih Dulu Kenikmatan atau Rasa?

, Selasa, Januari 05, 2021 WIB
https://picasion.com/


Umumnya orang beranggapan kalau sudah merasakan sesuatu, baru bisa menemukan kenikmatan, mari kita simak penjelasannya.

“Adanya kenikmatan itu mendahului rasa itu sendiri”, itu adalah maqolah guru kami Syekh Achmad. Buktinya adalah ketika kita melihat makanan atau minuman, lalu penasaran dengan rasanya. Maka kemudian pastilah kita berusaha sampai bisa merasakannya, baru setelah itu akan mengetahui kenikmatannya.

Itu menunjukkan kalau kenikmatan itu sudah lebih dulu Allah ciptakan, sebelum orang merasakannya. Begitu pula dalam kehidupan sehari hari, banyak sekali kenikmatan yang Allah ciptakan hingga manusia bisa merasakannya dan kemudian wajib untuk mensyukurinya.

Salah satu nikmat terbesar yang Allah memberikannya kepada kita dan wajib mensyukurinya, yaitu bisa menjadi Ummat Nabi Muhammad SAW. Bahkan Jauh sebelum adanya penciptaan alam semesta ini, Allah telah menciptakan Nur Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Dalam hadits Qudsi menyebutkan :

لولاك لولاك ما خلقت الأفلاك

“Jika bukan karenamu (Nabi Muhammad), Jika bukan karenamu, tiadalah aku ciptakan Aflak (alam semesta).”

Ini juga sesuai dengan julukan Nabi Muhammad SAW yaitu Sayyidul Awwalin, yang artinya pemimpin atau tuan orang orang yang terdahulu. Maksudnya ialah, ciptaan Allah SWT yang pertama kalinya adalah Nur Muhammad SAW.

Juga Nabi Muhammad SAW adalah Sayyidul Akhirin, yang berarti beliau adalah pemimpin. atau tuannya ummat sampai akhir zaman. Maksudnya, beliau adalah nabi yang menjadi penutup para nabi dan rosul, serta beliau adalah utusan Allah untuk semua ummat dunia dan akhirat.

Keutamaan Umat Rosulullah SAW

Serta juga banyak sekali keutamaan keutamaan yang Allah berikan kepada Ummat Rosulullah SAW. Salah satu keutamaan tersebut adalah adanya sabda Nabi Muhammad SAW, melalui perantara Malaikat Jibril :

Bahwasanya Allah mengharamkan surgaNya kepada semua para Nabi sebelum beliau menempatinya.

Dan Allah mengharamkan surga kepada semua umat sebelum umat Rosulullah SAW menempatinya.

Jadi sebagai ummat Rosulullah SAW, kita wajib mensyukurinya dengan meneladani akhlaq beliau dan menjadi umatnya yang mampu meneruskan perjuangannya. Dengan cara selalu menuntut ilmu dan mengamalkannya kepada sesama, agar menjadi ummat yang menjadi kebanggaan Rosulullah SAW. Amin. (Atz).

Komentar

Tampilkan

Terkini