-->

Iklan

https://picasion.com/

Kunci Kesuksesan Menurut Kitab Balaghoh, Ini Penjelasannya

, Minggu, Januari 31, 2021 WIB
https://picasion.com/


Kokohnya keyaqinan dalam mewujudkan keluhuran merupakan jaminan kejelasan dari pokok beberapa tujuan. Tentu saja keyaqinan tersebut haruslah mempunyai dasar yang kuat berupa ilmu dan bimbingan guru, serta adanya ikhtiar dalam mewujudkan tujuannya.

Dalam Muqoddimah Kitab Imriti menyebutkan  :

 إِذِي الْفَتَى حَسْبَ اعْتِقَادِهِ رُفِعْ # وَكُلُّ مَنْ لَمْ يَعْتَقِدْ لَم يَنْتَفِعْ

 Artinya : "Karena derajat seorang pemuda diukur dari keyakinannya,  dan bagi siapapun yang tidak yakin, maka tidak akan bisa mengambil manfaat."

Hendaknya setiap insan dalam berusaha selalu menyertai dengan keyakinan yang murni. Agar dapat mengambil manfaat dari apa yang kita lakukan untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. 

Adapun tujuan yang luhur akan sulit tercapai, bilamana seseorang menuruti hawa nafsu pribadinya sehingga lepas dari bimbingan guru. 

Sehingga membuat seseorang menjadi buruk perilakunya, yaitu hanya mengejar keuntungan pribadi serta hilangnya pedoman dalam amaliahnya. 

Akan tetapi bila mampu mengendalikan nafsu pribadinya, maka bagi orang yang mengikuti bimbingan guru akan memperoleh kesuksesan dalam mencapai targetnya. Sehingga peran guru yang mempunyai kecerdasan hati sangat penting dalam menjadikan seseorang untuk menjadi kokoh keyaqinannya. Sehingga dalam setiap langkah orang tersebut selalu berorientasi pada tujuan dan mempunyai visi dalam menggapai kesuksesan.

Sementara bagi orang yang pernah gagal mencapai kesuksesan, maka baginya harus selalu belajar dengan tidak mengulangi kesalahan pada masa lalu. Adanya kegagalan tersebut merupakan sesuatu yang lumrah terjadi dan merupakan pelajaran berharga bagi orang orang yang berusaha mencapai kerRidhoanNya. 

Rasulullah saw. Bersabda : اليقين الإيمان كله

Artinya :“Keyakinan (al-yaqin) itu adalah iman seluruhnya”. Sehingga keyakinan itu adalah modal merupakan kepribadian seseorang  yang beragama.

Oleh sebab itu marilah kita selalu menjaga keyaqinan ini dengan selalu mengikuti arahan guru dalam mewujudkan tujuan. Agar hidup kita bisa bermanfaat untuk sesama dengan membuat sejarah yang akan dikenang selamanya. Amin(Ayoeb Taufani).

Sumber : Kitab Balaghoh PonPes Khomsani Nur.

Komentar

Tampilkan

Terkini