Apakah Harta yang abadi itu?(2), Begini Penjelasannya


Harta yang abadi ialah ilmu, itu adalah maqolah guru kami Syekh Achmad. Adapun maknanya adalah

Ilmu merupakan harta yang tidak akan pernah habis, semakin kita membaginya maka akan semakin berkembang. 

Berkembangnya ilmu pengetahuan merupakan buah dari kecintaan seseorang pada ilmu dengan mewujudkannya melalui amaliah yang bersumber dari ilmu yang dipelajarinya. Tentu saja ini semua juga harus melalui bimbingan guru serta tidak akan bisa membawa petunjuk bagi orang yang menyimpan ilmunya sendiri.

Dan wujud dari berkembangnya ilmu adalah bertambahnya iman seseorang dan jauh dari beberapa nafsu yang kurang baik. Bagi orang yang senantiasa berpikir untuk memperoleh berkembangnya ilmu maka akan menjadi kebahagiaan hingga akhir hayatnya.

Walau kadang kebahagiaan itu masih jauh (proses) sesudah ia. bisa menghindar dari beberapa nafsu yang jelek. Maka sesungguhnya bagi orang yang berhati cerdas (tambah ilmunya) maka akan memperoleh sifat keselamatan dan terhindar dari beberapa kemusyrikan.

Adapun bagi mereka yang belum memperoleh tambahan rizki berupa ilmu atau yang lainnya hendaklah senantiasa bersabar. Karena bagi orang yang machabbah (cinta) cukuplah baginya bisa bersama dengan Allah dan Rosulullah yang mempunyai beberapa kunci rizqi. 

Agar mereka tidak terlena dengan kenikmatan yang sifatnya sementara, sebelum memperoleh kenikmatan yang abadi.

Dan supaya mereka tetap berjalan pada beberapa jalan keselamatan yang penuh rintangan dengan senantiasa mendekat pada orang orang sholih dan menjauh dari bergaul  dengan orang orang yang jauh dari Allah. 

Hadits Nabi Muhammad SAW :

 من ازداد علما ولم يزدد زهدا لم يزدد من الله الا بعدا 

Artinya : Barangsiapa bertambah ilmu tapi ia tidak bertambah sifat zuhudnya, maka ia tidak akan bertambah melainkan jauh dari Allah.

Dari itu jangan pernah menghakimi kepada orang yang tidak mensyukuri kenikmatan maupun kepada orang yang bersyukur atas kenikmatan. Karena sesungguhnya itu semua adalah wewenang Allah untuk memberikan balasan bagi mereka semua pada hari akhir kelak(Atz).

Posting Komentar

0 Komentar