Syarat Menuntut Ilmu, Begini Penjelasannya


Syarat berhasilnya murid dalam mencari ilmu menurut KH M. Anwar Manshur ada tiga hal, yang mana ini semua harus dilaksanakan. Adapun ke tiga hal tersebut adalah :

1. Guru yang bersungguh sungguh.

Dalam arti guru tersebut harus ikhlash dan juga mampu membimbing murid sampai ia berhasil.  Selain itu guru haruslah mempunyai keilmuan yang mumpuni untuk mengamalkannya dan mampu memberikan teladan yang baik bagi muridnya. 

Sehingga tugas guru sangatlah berat dalam membimbing setiap muridnya dan juga harus bertanggung jawab  dunia dan akhiratnya. 

2. Orangtua yang sungguh sungguh. 

Ada dua hal kesungguhan yang wajib orangtua melakukannya, supaya anaknya dalam menuntut ilmu berhasil, yaitu memberi nafkah dan mendoakannya. 

Orangtua harus bersungguh sungguh memberikan nafkah/ bekal yang cukup selama anaknya dalam proses mencari ilmu. Dengan begitu maka anak akan menjadi tenang dan fokus dalam menuntut ilmu tanpa memikirkan hal lainnya. 

Yang berikutnya orang tua juga wajib selalu mendoakan anaknya agar ia menjadi anak yang sholih. Karena Doa orangtua juga merupakan faktor penentu bagi keberhasilan pendidikan bagi anak anaknya. 

3. Murid yang bersungguh sungguh. 

Hal terakhir yang menjadi penentu keberhasilan seorang murid ialah kesungguhan pada pribadinya sendiri. Dengan begitu maka ia harus selalu berusaha sampai ia berhasil, karena tidak ada keberhasilan tanpa adanya jerih payah. 

Inilah beratnya menjaga tiga hal tersebut karena semuanya merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dan saling melengkapi satu sama lain. Apabila salah satunya tidak berjalan dengan baik, maka akan menghambat keberhasilan seorang murid dalam pencapaiannya untuk menuntut ilmu. Hal ini adalah upaya agar cita cita dan keberkahan  ilmu seorang murid bisa terwujud, sehingga mereka bisa menjadi pribadi yang bermanfaat untuk ummat. Amin(Ayoeb).

Posting Komentar

0 Komentar