-->

Iklan

https://picasion.com/

Syarat Menggapai Keberhasilan, Simak Penjelasannya

, Senin, Desember 14, 2020 WIB
https://picasion.com/


Seringkali seseorang mengalami kegagalan dalam hidupnya, karena ia tidak bisa menjaga sikapnya sendiri atau tidak konsisten. Untuk itu bila ingin mencapai keberhasilan maka seseorang harus mempunyai sikap yang jelas dan keistiqomahan. 

Ibarat kita menanam tanaman, maka kita harus bisa menjaganya dengan menyiram setiap hari dan merawatnya dengan baik. Sampai tanaman tersebut bisa berbuah dan bermanfaat untuk orang banyak. 

Sehingga untuk bisa memberikan buah kemanfaatan kepada orang lain, membutuhkan proses yang lama dan keistiqomahan dalam mewujudkannya. 

Gambaran keistiqomahan adalah kokohnya sikap seseorang seperti gunung sesuai dengan Syiir pada Kitab Nadhom Syatibi : 

هو المرتضى امااذا كان أمة

ويممه ظل الرزانة قنقلا

Artinya : Karena ketekunannya membaca Al-Qur'an, akan tumbuh dalam dirinya sifat-sifat yang terpuji yang menjadikan semua tujuannya mendapat ridho dan akan mendatangkan ketentraman hati serta mengokohkan pendirian seperti kokohnya gunung.

Gunung dalam Alquran merupakan penyangga / pasak bumi 

وَّالْجِبَالَ اَوْتَادًا ۖ ﴿۷﴾

dan gunung-gunung sebagai pasak? (QS. An-Naba’: 7).

Adapun seseorang yang ingin menjadi penyangga haruslah mempunyai dasar keilmuan yang kuat. Barulah setelah pondasinya kuat, maka bisa menjadi penyangga yang menopang kepentingan orang banyak. 

Selain itu sikap yang kokoh juga akan menumbuhkan sifat sifat yang terpuji pada seseorang, karena ia akan konsisten dalam jalur kebaikan. Sehingga perjalanan hidupnya baik dunia maupun akhirat,  akan mendapatkan ketenangan hati karena wujud kegunaan amaliahnya sehari hari. 

Oleh sebab itu kita harus bangkit dari masa lalu dan menatap masa depan penuh optimis, dengan memupuk amaliah kita secara kontinyu. Itu semua adalah cara agar kita dapat mencapai keberhasilan dalam mencapai tujuan. Amin(Ayoeb).

Komentar

Tampilkan

Terkini