Kapolres Lumajang Bersama Unsur Forkopimda Tinjau Aliran Guguran Lava Besuk Kobokan


Lumajang,(DOC)
- Usai meninjau pos pantau Gunung Semeru di Gunung sawur, Kapolres Lumajang bersama Unsur Forkopimda meninjau langsung aliran guguran lava di Besuk Curah Kobokan Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo dan Dusun Kajar Kuning, desa Sumberwuluh Kec. Candipuro, Lumajang, Selasa (1/12/2020).

Kapolres Lumajang AKBP Deddy Foury Millewa melihat lava tersebut menumpuk atau memenuhi tanggul Curah Kobokan kurang lebih 2500 meter dari puncak kubah jonggring saloko. Bahkan vulkanik tersebut masih dalam kondisi hangat dan mengeluarkan asap serta beraroma belerang menyengat.

Setelah melihat guguran lava di Besuk Kobokan, rombongan Kapolres Lumajang bersama Forkopimda meninjau langsung ke Jembatan Perak, Desa Sumberwuluh, kecamatan Candipuro dan Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo untuk memantau aliran lahar di Sungai Leprak terusan dari besuk curah Kobokan.

Kapolres Lumajang AKBP Deddy Foury Millewa menghimbau kepada masyarakat yang berada di sekitar aliran besuk curah kobokan untuk meninggalkan kawasan curah kobokan.

"Agar masyarakat tetap tenang dan memperhatikan himbauan yang diberikan oleh petugas dari BPBD Lumajang, TNI maupun Polri.
," tuturnya.

Pihaknya pemerintahkan kepada jajaran TNI-Polri untuk melakukan  pengawalan dan pengamanan terhadap pendistrbusian logistik bagi warga yang terdampak guna mempercepat pendistribusian dilokasi pengungsian.

"Melakukan patroli dengan sasaran rumah – rumah maupun barang berharga milik masyrakat yang di tinggal di lokasi evakuasi guna mengantisipasi terjadinya 3C," tegas Deddy.

Kemudian, rombongan forkopimda menuju tempat pengungsian di lapangan kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, kecamatan Candipuro.

Terlihat sudah memasang tenda pengungsian dan dapur umur. Sementara Tim DVI Urkes Polres Lumajang bersama Dinkes,TNI dan BPBD Kab. Lumajang telah melakukan Bhakti sosial berupa pelayanan kesehatan dan pembagian masker kepada masyarakat yang terdampak bencana alam guguran material lava Gunung Semeru.

Sementara itu, dilokasi menuju akses masuk Besuk Curah Kobokan dilakukan pemasangan Police line hal itu untuk mengantipasi kerumunan masyarakat yang ingin menyaksikan kondisi lahar dingin semeru.(Imam)



 

Posting Komentar

0 Komentar