Jalur Lumajang-Malang Diterjang Longsor


Lumajang,  (DOC)
- Hujan deras yang mengguyur wilayah Pronojiwo pada Minggu (1/11/2020) malam kemarin menyebabkan longsor di ruas jalan nasional yang menghubungkan Lumajang dan Malang. 

Akibat longsor menutup badan jalur Lumajang menghungkan Kabupaten Malang sempat lumpuh. 

Longsor menutup badan jalan terjadi pada Senin (2/11/2020) sekitar pukul 03.30 WIB tepatnya di KM 42-43 Desa Oro-oro Ombo,  Kecamatan Pronojiwo.

Longsor menutup badan jalan dengan mencapai 10 meter dengan ketinggian 1,5 meter menutup akses jalan.

Warga sekitar langsung melakukan pembukaan akses jalan dengan cara manual dengan menggunakan cangkul, skop, parang dan shinsaw untuk memotong batang pohon kecil dan sedang agar kendaraan roda dua dan empat agar bisa melalui akses jalan secara bergantian.

Setelah mendapatakan laporan BPBD Lumajang tiba di lokasi dengan membawa dua alat berat yakni Backhoe dan Loader.

Hingga saat ini alat berat dikerahkan guna untuk evakuasi jalur yang terisolir tanah longsor dengan panjang longsoran 10 meter dan lebar 1.5 meter tersebut.

Saat ini dalam proses pembersihan saat ini dilakukan buka tutup jalan dilakukan serta kendaraan roda empat masih belum bisa melewati kawasan tersebut.

"Kondisi jalan dimungkinkan akan kembali normal nanti siang, karena petugas BPBD dibantu relawan dan warga sedang melakukan pembersihan jalan," terang Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang Wawan Hadi Siswoyo.

Untuk mengantisipasi longsoran susulan, pihak BPBD Lumajang sudah mensiagakan dua alat berat berada di lokasi longsor. 

"Saya imbau kepada masyarakat yang melintasi jalur selatan tetap mewaspai km 53-59 karena potensi longsor masih ada, apalagi musim penghujan ditambahi ini menambah cuaca ekstrim," himbau Wawan. (Imam)

Posting Komentar

0 Komentar