Dampak Covid, Pengunjung Museum Daerah Lumajang Menurun

Tampak museum daerah

Lumajang,(DOC)
-Jumlah pengunjung Museum Daerah Lumajang menurun sejak Pandemi Covid-19, jumlah pengunjung 20 per hari.

Aries Purwantiny Bagian Tenaga Teknik Arkeolog Disbudpar Lumajang mengatakan, mengatakan sejak pandemi covid-19 pada pertengahan April 2020, museum sempat ditutup sampai bulan Juli 2020. Kemudian di pertengahan bulan Juli kembali di buka.

"Sejak pertengan Bulan Juli hingga sekarang mengalami penurunan. Biasanya mencapai ratusan pengunjung setiap hari. Kalau sekarang, sehari hanya 20 sampai 50 orang yang berkunjung ke museum," katanya, ketika di temui di Museum Daerah, Rabu (4/11/2020).

Dulu sebelum ada Pandemi covid pengunjung Museum daerah sehari bisa mencapai 1000 orang, antara 500 sampai 1000.

"Saat ini tdak sampai segitu paling cuma 50 orang, kadang sampai, kadang 20 orang ya kita batasi perharinya," tuturnya.

Menurut Aries memberikan informasi kepada masyarakat, mahasiswa, dan siswa bahwa museum sudah dibuka kembali. Meski kini menerapkan standar baru bagi pengunjung karena pandemi Covid-19.

"Saat ini kegiatan lebih kepada memanfaatkan media massa dan media sosial.

Lebih lanjut, Aries menambahkan, Museum daerah Lumajang sendiri untuk tahun-tahun sebelumnya selalu mengadakan kegiaan publik, terutama seperti pameran, lomba, atau istilahnya mengumpulkan masa.
Aries Purwantiny



"Saat ini tidak kita laksanakan. itu juga untuk pembatasan jumlah pengunjung kegiatan publik di masa pandemi ini pun seperti lomba diubah menjadi sistem daring dengan mengirimkan video dan kegiatan sosialisasi kami lakukan melalui media sosial" ujarnya.

Ia mengatakan sebenarnya pihaknya berusaha membuat program di tengah pandemi sesuai dengan protokol kesehatan di era new normal.

Museum ini memiliki 5 kategori koleksi purbakala, koleksi seni budaya, koleksi replika, koleksi foto dan Fragmen. Dan memiliki 2 ruang display yakni ruang purbakala dan ruang seni budaya.

"Museum Daerah juga menerapkan protokol kesehatan seperti  cek suhu tubuh menyediakan tempat cuci tangan, dan wajib memakai masker," Pungkas Aries.



Posting Komentar

0 Komentar