Antisipasi Balap Liar, Polres Lumajang Amankan Puluhan Sepeda Motor

Puluhan sepeda motor diamankan di
Mapolres Lumajang

Lumajang,  (DOC)
- Sebanyak 29 sepeda motor diamankan anggota Polres Lumajang, saat melakukan patroli keliling untuk mengantisipasi balap liar.

Sepeda motor yang diamankan dari dua lokasi tempat yang berbeda yakni seputara Alun-Alun Lumajang dan Jalan Lintas Timur (JLT).

Polres Lumajang berhasil mengamankan puluhan sepeda motor, berawal dari laporan masyarakat yang merasa terganggu dengan ulah para remaja yang di duga melakukan balapan liar.

Awalnya Polisi melakukan patroli pada Sabtu (7/11/2020) sekitar pukul 22.00 WIB, malam menemukan sejumlah remaja mengendarai sepeda motor menunjukan tidak sopan santun. Mereka mengendarai secara balapan dengan cara naik diatas sepeda motor  bahkan tidur-tiduran diatas sepeda motor.

"Setelah itu puluhan pemuda dan sepeda motor kita amankan ke Mapolres Lumajang," ujar Kasat Sabhara Polres Lumajang, AKP Jauhar Ma'arif, S.Sos, M.H. Senin (9/11/2020).

Kemudian Sabhara Polres Lumajang melakukan Patroli di wilayah Jalan Lintas Timur (JLT).  Sekitar pukul 01.00 WIB dini hari petugas menemukan perkumpulan sepeda motor sekitar ada 500 motor. 

Melihat kedatangan polisi mereka langsung kabur.

"Yang kita amankan hanya sebagian saja,  yang kita amankan ada yang sepeda motor menggunakan knalpot brong dan ban tidak sesuai standar," imbuhnya. 

AKP Jauhar Ma'arif, S.Sos, M.H menjelaskan bahwa, puluhan sepeda motor yang terjaring  rata-rata sudah dimodifikasi dan saat diperiksa petugas tidak bisa menunjunjukkan kelengkapan surat seperti SIM ataupun STNK.

“Sebagai sangsi dan memberikan efek jera yakni sepeda motor tersebut oleh pemiliknya dituntun dari jalan menuju Polres Lumajang," tandasnya. 

Lebih lanjut, Juahar Ma'arif mengatakan,  sepeda motor yang diamankan perlengkapan tidak sesuai dengan spesifikasi teknis.

"Sepeda motor yang diamankan memakai knalpot brong, memakai roda yang ukurannya lebih kecil, dan tidak dilengkapi lampu dan kaca spion," terang Ma'arif. 

Tampak sejumlah pemilik mengambil sepeda motor di halaman Mapolres Lumajang. 

Polisi minta kepada pemilik sepada motor yang di modifikasi langsung diminta diganti dengan sesuai standar. 

"Untuk yang menggunakan knalpot brong diminta untuk di potong-potong terlebih dahulu dengan menggunakan, alu diganti dengan knalpot sesuai standar," tegas AKP Jauhari Ma'arif. 

Selain itu,  sepeda motor yang menggunakan ban kecil untuk segera di ganti sesuai standar. 

"Jika sepeda motor sudah diganti semua silakan membawa pulang kembali," ujarnya. 

Kedepan pihaknya tetap melaksanakan tetap melakukan patroli untuk mengantisipasi balap liar yang meresahkan masyarakat.

"Malam minggu kita akan terus antisipasi, bahkan kekuatan personil polisi akan kita tambah," imbuh AKP Juahar Ma'arif. (Mam) 





Posting Komentar

0 Komentar