Polres Lumajang Mendapatkan Bantuan K-9 Dari Mabes Polri


Lumajang,(DOC)-
Polres Lumajang mendapatkan bantuan satu ekor anjing K-9 jenis belgian Malinois dari Belanda oleh Kepolisian Satwa Baharkam Mabes Polri.

Kapolres Lumajang, AKBP Deddy Foury Millewa menjelaskan bahwa, tugas detasemen Anjing Pelacak (K-9) ini dibagi menjadi tiga yaitu operasi menemukan bahan peledak, operasi pelacakan narkoba, dan operasi pengamanan. Termasuk dilibatkan dalam pencarian pelaku tindak kejahatan ataupun pencarian mayat jika terjadi musibah, misalnya bencana longsor, gempa, dan lain – lain.

"Jadi kalau diambil contoh misalnya dalam tugas pencegahan masuknya narkoba ke Indonesia, bisa dibayangkan berapa Anjing K-9 yang diperlukan untuk pengawasan bandara, pelabuhan laut, dan garis pantai wilayah Indonesia yang panjang garis pantainya terpanjang no. 2 di dunia," terang Deddy.

Perlu diketahui juga bahwa, ada sepuluh jenis anjing yang biasa digunakan di Polisi Satwa, yaitu jenis German Sheperd, Rottweiler, Doberman Pinscher, Labrador Retriever, Belgian Malinois, Giant Shnautzer, Boxer, Great Dane, Bullmastiff, dan Staffordshire Terrier. Jenis  anjing- anjing tersebut memiliki karakter yang kuat, sehingga bisa dilatih dan akhirnya masuk ke dalam Tim K-9.

"Tentu tidak mudah, dan dibalik semua itu adalah keberadaan para pelatih atau pawang yang telaten dan profesional," pungkas AKBP Deddy Milewa

Posting Komentar

0 Komentar