Cegah Penyebaran Covid-19, Polres Lumajang Lakukan Rapit Test

Anggota Polres lakukan rapit test

Lumajang,(DOC)
-Polres Lumajang melaksanakan kegiatan rapit test kepada seluruh Polsek dan jajaran. Hal tersebut untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona.

Rapit test ini dilaksanakan di Mapolres Lumajang, Senin (5/10/2020). Tampak seluruh jajaran anggota Polres dan Polsek melaksanakan rapit test.

Menurut PS.Paurkes Bagian Sumda Sri S.Kep, Rapid test ini merupakan metode skrining awal untuk mendeteksi antibody yaitu IgM dan IgG yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan Virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona.

"Jadi rapit test ini untuk sebagai pemeriksaan  skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus Corona atau COVID-19," tuturnya.

Sri S.Kep, menjelaskan, Tes yang dapat memastikan apakah seseorang positif terinfeksi virus Corona sejauh ini hanyalah pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) atau biasa di sebut dengan Swab test. Pemeriksaan ini bisa mendeteksi langsung keberadaan virus Corona, bukan melalui ada tidaknya antibodi terhadap virus rapid test.

Tes yang dilakukan terhadap aparat kepolisian ini karena petugas juga rentan terpapar virus Corona sebab mereka banyak beraktivitas dan bertemu secara langsung dengan warga meski di tengah pandemi.

" Ada 175 anggota yang melakukan rapid test hari ini, Alhamdulillah seluruhnya Negatif Virus Covid-19" ungkapnya




Posting Komentar

0 Komentar