Sensus Penduduk di Kab. Dompu Menuju Satu Data Kependudukan Indonesia


Dompu
(DOC) - Dalam upaya untuk menuju satu data kependudukan Indonesia, maka sensus penduduk di kabupaten Dompu telah berjalan maksimal dengan adanya peran aktif masyarakat yang telah merespon baik program sensus penduduk ini. Peran aktif masyarakat telah membantu kelancaran proses pendataan, sehingga data kependudukan akan makin jelas di masa mendatang. 

Secara garis besar bahwa sensus penduduk merupakan program pemerintah yang dilakukan satu kali dalam sepuluh tahun oleh badan statistik. Dan hal ini mendapat pula dukungan dari pemerintah daerah sampai ke tingkat kelurahan dan desa. 

Sensus penduduk dengan menggunakan dua jalur, online dan offline (dor to dor). Di kabupaten Dompu karena jaringan internet tidak menjangkau semua kelurahan dan desa, sehingga upaya yang dilakukan lebih banyak dengan cara menyambangi rumah ke rumah. Setiap warga di setiap kelurahan dan desa akan di kirim petugas sensus untuk melakukan proses pendataan dengan pemetaan terlebih dahulu untuk mempermudah jalannya program sensus penduduk. 

Selama proses pendataan, masyarakat menyambut baik, karena disertai dengan penjelasan dari petugas sensus terkait pentingnya sensus penduduk. Karena peran aktif masyarakat tidak hanya membantu dalam proses pendataan tetapi juga upaya mendukung program pemerintah agar program sensus penduduk bisa berjalan maksimal. 

Sebab, sensus penduduk merupakan program wajib dari pemerintah. Karena dari proses pendataan ini, akan mempermudah pemerintah untuk menyusun program yang nantinya akan bermuara pada realisasi program sosial-budaya, transportasi, pendidikan, perumahan, kesehatan dan komunikasi.

Posting Komentar

0 Komentar