Pengunjung Perpustakaan Lumajang Perlahan Mulai Meningkat

Plt Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan


Lumajang,(D0C)
-Pada masa Pandemi Covid-19 Pengunjung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kabupaten Lumajang (Disarpus) secara bertahap mulai meningkat.

Pelayanan pengunjung perpustakaan sudah dibuka pada Bulan Juli 2020, sebelumnya sempat ditutup sementara.

Selama Pandemi Covid-19 pelayanan Perpustakaan sudah menerapkan protokol kesehatan.

Dimana setiap pengunjung sudah diwajibkan cuci tangan dan hand sanitizer, serta menggunakan masker.

Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang Edy Irianto, sejak dibukanya kembali layanan tersebut pengunjung yang datang meningkat secara bertahap setiap harinya.

"Pengunjung perpustakaan secara bertahap mulai meningkat selama pandemi Covid-19. Namun aktivitas baca ditempat masih kami batasi,” ujar  Selasa (22/9/2020).

Menurutnya setiap hari jumlah pengunjung perpustakaan karena terdampak covid-19 sedikit mengalami peningkatan yakni sekitar 50 sampai 70 pengunjung.

"Peminjaman buku memang tidak sebanyak biasanya sebelum ada corona. Untuk sekarang perhari bisa sampai puluhan," Edi Irianto.

Ia menambahkan, untuk koleksi buku, di sini ada ribuan jenis buku yang bisa dibaca. Pengunjung juga bisa mengakses internet di ruang baca yang telah disiapkan.

Adapun pemusta yang datang berkunjung harus melewati beberapa protokol kesehatan.

Di antaranya, dicek suhu badan, jika melewati 37,5 derajat celcius otomatis tidak diperkenankan masuk perpustakaan, mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan, dan memilih tempat duduk yang sudah diberi tulisan.

“Kami berlakukan jaga jarak antar tempat duduk. Baik di gazebo luar dan di dalam. Setiap pemustaka juga wajib memakai masker,” imbuhnya

Pihaknya berharap pandemi covid-19 segera berakhir utamanya di Lumajang, agar pengunjung perpustakaan bisa seperti sebelumnya. (Imam)

Posting Komentar

0 Komentar