DPC Hippora Lumajang Gelar Studi Banding ke Kabupaten Madiun

DPC Hippora Lumajang gelar studi banding ke Madiun

Madiun,(DOC)
-Dewan pengurus cabang Himpunan petani dan pengusaha Porang Nusantara (DPC HIPPORA) Kabupaten Lumajang gelar studi Banding ke Kabupaten Madiun, Minggu (27/9/2020).

Studi banding ini mengunjungi PT. Paidi indo Porang yang berlokasi di Dusun Giringan, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Mereka belajar tentang pembibitan, budidaya dan industri pertanian Porang.

Pengurus DPC Hippora Hisbullah Huda mengatakan, DPC HIPPORA Lumajang belajar studi banding di Kabupaten Madiun tentang bagaimana cara menanam porang yang baik. Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan usaha dan kontribusi dalam meningkatkan ekonomi.

"Awalnya tanaman ubi porang hanyalah tanaman liar yang tidak dihiraukan, namun setelah ubinya bisa dimanfaatkan menjadi rupiah. Porang menjadi komoditi yang mulai dibudidayakan dan menjanjikan secara ekonomi," ujarnya.

Menurut Hisbulla, Porang kini jadi primadona baru bagi petani atau kelompok tani karena banyak permintaan baik dalam negeri maupun luar negri. manfaat ubi porang diantaranya sebagai bahan pembuatan mie siratakhi,  jelly, bahan baku lem, kosmetik dan lainnya.  

"Selain itu porang termasuk komoditi untuk ketahanan pangan yang sekarang lagi ngetrend dengan mie sirathaki dan beras ubi porang  yang lebih menyehatkan karena memiliki kandungan glukosa yang sangat rendah," tuturnya. 

Sementara itu Hesti Irnanta Anggota DPC Hippora mengatakan, Dalam kunjungan tersebut,DPC Hippora banyak belajar tentang teknik budidaya tanaman porang, dimulai dari kegiatan pembuatan bibit yang berasal dari biji, bintil maupun dari umbi, cara pemeliharaan, pemanenan hingga pemasarannya.

 "Kita ingin serius mempelajari dan melihat langsung bagaimana pengelolaan Budi daya tanaman porang," pungkasnya. (Mam)

Posting Komentar

0 Komentar