Beberapa ilmu yang Menjadi Tujuan Hidup, Simak Penjelasannya


Pada dasarnya ilmu yang secara mutlak tanpa ada ikatan dan terdapat pada kitab kitab syariat adalah ilmu akhirat.

Dalam Kitab Tanbihul Muta'Allim menyebutkan bahwa, ilmu yang menjadi tujuan hidup ada tujuh, yaitu :

1. Ilmu Ushuluddin. Merupakan Ilmu yang mempelajari pokok pokok agama. Dan juga terkait ilmu yang bersentuhan dengan akidah akidah seseorang, serta ilmu tauhid. Maka dari itu, Kita harus mempelajari ilmu ini pertama kali, supaya dapat mempunyai iman yang benar.

2. Ilmu Qiroat. 

Adalah Ilmu yang mempelajari tentang tata cara membaca alquran yang sesuai dengan tuntunan Rosul SAW. Seperti mempelajari bacaan imalah, isymam, atau tasyhil, harus sesuai dengan bacaan yang pernah dicontohkan oleh Beliau.

3. Ilmu Tafsir. 

Adalah kajian untuk menjelaskan ayat ayat alquran, yang bukan hanya terkait terjemah perkata. Tetapi harus mengetahui sisi bahasanya, asbabun nuzul dan nasah mansuhnya (revisi ayat dengan ayat yang lain dalam segi hukumnya).

4. Ilmu hadits. 

Ilmu untuk mengetahui hadits, yang shohih, hasan, dhoif dan sebagainya, dari segi lafadh, matan (redaksi) maupun mata rantai periwayatannya. 

5. Ilmu Ushul Fiqh. 

Yaitu Ilmu untuk mengetahui dasar dasar terjadinya hukum fiqh.

Juga merupakan ilmu hukum dalam Islam yang mempelajari kaidah-kaidah, teori-teori dan sumber-sumber secara terperinci. Dalam rangka menghasilkan hukum Islam yang diambil dari sumber-sumber tersebut.

6. Ilmu Fiqh.

Adalah salah satu bidang ilmu dalam syariat Islam yang secara khusus membahas persoalan hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan manusia.

Baik kehidupan pribadi, bermasyarakat maupun kehidupan manusia dengan Tuhannya. Juga merupakan Ilmu untuk mengetahui dasar dasar syariat islam, seperti ilmu yang menjelaskan tentang sholat, zakat, puasa dan lain lain. 

7. Ilmu Kedokteran. 

Adalah cabang ilmu kesehatan yang mempelajari tentang cara mempertahankan kesehatan manusia dan mengembalikan manusia pada keadaan sehat. Dengan memberikan pengobatan pada penyakit dan cedera. 

Ilmu kedokteran itu sama juga pentingnya seperti ilmu fiqh. 

Imam Syafii berkata :

Ilmu hanya ada dua, yaitu ilmu fiqh yang terkait kemaslahatan agama dan ilmu kedokteran untuk menjaga kesehatan badan kita. 

Maka jangan pernah meninggalkan ilmu, apalagi itu adalah ilmu kedokteran.

Penulis: Ayoeb Taufani Zaman.

Posting Komentar

0 Komentar