Ritual Asuhan Gunung Masyarakat Adat Sajang

Lombok Timur (DOC) - Masyarakat adat Sajang, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat melaksanakan ritual Asuhan Gunung, Rabu, (13/08/2020. Rangkaian ritual ini dimulai di rumah adat Sajang, dimana masyarakat adat melakukan penyembelihan kerbau, proses bijitawar yang dilakukan keturunan adat dengan menumbuk rempah-rempah pada sebuah batu di depan rumah adat. Dimana air dari rempah-rempah ini nantinya akan dibawa ke suatu tempat tertentu di bawah kaki gunung Rinjani. 

Ritual adat Asuhan gunung tidak hanya melibatkan masyarakat adat Sajang saja, tetapi tetua adat Bayan di Lombok Timur juga ikut mengambil bagian dalam menyelenggarakan ritual adat ini. Karena masyarakat yang mendiami kaki gunung Rinjani memiliki persepsi yang sama tentang keberadaan gunung Rinjani yang dianggap sangat kramat dan harus di hormati secara bersama. 

"Ritual Asuhan gunung ini merupakan ritual untuk membersihkan kembali gunung setelah terjadi bencana. Agar bencana yang terjadi seperti gempa, kekeringan panjang dan bencana lainnya tidak muncul lagi" Ujar Inaq Pitri salah seorang keturunan pemangku adat Sajang. 

Rencananya setelah semua rangkaian persiapan di rumah adat, maka akan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju suatu tempat di gunung Rinjani untuk merapalkan mantra oleh para tetua adat(Radent).

Posting Komentar

0 Komentar