Pohon Besar Tumbang Sempat Tutup Akses Jalan Lumajang-Malang

Petugas BPBD dibantu warga evakuasi pohon tumbang
Lumajang,(DOC)-Sebuah pohon besar tumbang di KM 58 Piket Nol, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Selasa (18/8/2020).

Pohon besar yang tumbang sempat menutup jalan dan mengakibatkan arus kendaraan terhambat.

Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa.

Peristiwa pohon tumbang terjadi sekitar pukul 01.30 WIB yang diakibatkan lapuknya bagian akar dan kondisi hembusan angin yang cukup kencang dilokasi kejadian.

Wawan Hadi Siswoyo, Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang mengatakan, ada dua pohon tumbang, pertama pohon bendo berdiamater 170 cm dan pajang 30 meter, kedua pohon beringin berdiameter 50 cm dan panjang 30 m.

"Kedua pohon tersebut tumbang dari atas bukit Piketnol dan longsor ke area jalan mengakibatkan jalur Lumajang-Malang via selatan atau piketnol lumpuh total selama 3 jam lebih," ujarnya.

Pohon tumbang yang menutup jalan sudah dapat di potong dan jalur lokasi sudah bisa dilalui dengagn buka sistem tutup jalur.

"Ya syukur Alhamdulillah tidak ada korban pukul 04.00 WIB pagi jalur sudah dibuka meski hanya sistem buka tutup. Dan hari ini informasi jalur mulai lancar," jelas Wawan Hadi.

Untuk itu pihaknya menghimbau bagi pengendara yang melintasi jalur piket nol KM 53 sampai 59 untuk selalu berhati-hati.

"Yang jelas kami mengimbau bagi pengendara yang ke Lumajang mengarah ke Malang atau sebaliknya, waspadai kilometer 53 sampai kilometer 59 yang rawan potensi longsor baik itu material tanah, batu dan pohon. Tadi malam sudah terbukti bahwa pohon di km 58 itu tumbang," pungkas Wawan Hadi.(Imam)








Posting Komentar

0 Komentar