Ngaji Jama Menghidupkan Budaya dan Tradisi Dalam Acara Sunatan

Dompu (DOC) - Salah satu rangkaian pelaksanaan acara Sunatan di desa Daha, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu-NTB diiringi dengan permainan gendang oleh beberapa orang warga setempat, Selasa malam (17/07/2020). Acara yang bertajuk Ngaji Jama ini dihadiri oleh, Kepala Desa Daha, Kepala Desa Marada, Kepala Desa Rasabou, tokoh-tokoh masyarakat, pemuda dan masyarakat Desa Daha. 

Acara diawali dengan sambutan kepala Desa Daha yang mewakili keluarga yang melaksanakan hajatan. Kemudian dilanjutkan dengan pengajian dan ceramah agama dari salah seorang ustadz yang hadir. Dan sebagai acara penutup dalam hajatan ngaji jama tersebut, masyarakat mendapatkan suguhan hiburan dengan penampilan beberapa warga dengan permainan gendangnya yang memukau. 

Fadli, kepala desa Daha menuturkan bahwa, kegiatan masyarakat ini merupakan warisan nenek moyang yang harus dikembangkan dan di biasakan dalam setiap hajatan masyarakat. 

"Seni dan budaya lama itu harus kita kembangkan" Ungkapnya

Lebih lanjut, Fadli mengungkapkan harapannya bahwa, budaya masyarakat yang berkenaan dengan permainan gendang dalam hajatan di tenga-tengah masyarakat harus tetap ditingkatkan lagi. 

"Nantinya bisa menjadi motivasi bagi masyarakat lainnya" Tutupnya. (Raden't)

Posting Komentar

0 Komentar