Mengenal lebih dekat Madrasah Sayyidah Aisyah RA di Negeri Yaman

Madrasah Sayyidah Aisyah Rodiyallahu 
Anha,  terletak di jantung kota Hadromaut tepatnya di Yaman selatan(yaman janubi)  di disk, mukalla Hadramaut Yaman.

Menurut Neily Shofia Ardy, B. Sc, Alumni Al Ahgaff University of girl Mukalla Hadromaut Yaman, Jurusan Dirosah Islamiyah tahun 2018,yang pernah menjadi Guru Tugas di Madrasah Sayyidah Aisyah RA, mengatakan bahwa "Kurikulum disana menggunakan kurikulum pemerintah negara repubilk yaman ( aljumhur alyamaniyah)  dimana antara sekolah sd dan mts itu menjadi satu lembaga yg dinamakan sekolah dasar (madrasah asasi),sehingga Madarasah Sayyidah Aisyah ini mempunyai jenjang 9 Tahun." 

Madrasah ini Dipimpin oleh Seorang Kepala Sekolah dengan Dua Wakil,yang terdiri dari Wakil satu untuk sekolah  Kelas 1-6 dan Wakil dua untuk Kelas 7-9.

Sumber dana di sana berasal dari pemerintah yaman sendiri,  dari wazir pendidikan atau idaroh maktab taribiyah mukalla.akan tetapi dikarenakan adanya peperangan dana menjadi  lama untuk di cairkan dan malah kadang sangat lambat sekali.Dan sumber dana yang lain yaitu dari SPP Murid,dan Kadang juga dana didapatkan dari para saudagar kaya yg betada di yaman atau bisa disebut ahlul kher( donatur) 

Akan tetapi para Pengajar di sana selalu ikhlas dalam megajar meskipun bayarannya telat. Karna mereka benar2 mengajar dan diniatkan untuk Allah.

Visi Misi Madrasah adalah mencetak para pelajar yang alim dalam ilmu umum dan agama serta muttafaqquh fiddin.

Metode pelajaran disana hampir sama dengan metode di indonesia.Hanya saja di setiap pelajaran,  setelah di ajarkan para guru mengaitkan kesimpulan atau memiliki tujuan pembelajaran tentang keIslaman.
Jadi tujuan pembelajarannya ada 3:
الأهداف المعرفي
 الأهداف مهاري
الأهداف الوجداني
Durasi tiap pelajaran adalah 35 menit,dengan tujuan agar murid tidak bosan dan waktu efektif pembelajaran adalah tidak lebih dari setengah jam. 

Di setiap mengajar Para Guru disana juga wajib membuat RPP yang ditandatangani oleh Wakil Kepala Madrasah.

Yang menarik dari Madrasah ini adalah di setiap bulannya biasanya di adakan penghargaan bagi para Guru teladan dan Murid teladan, yang diadakan di pagi hari sebelum masuk ke kelas masing masing, yang mana penghargaan itu diumumkan ketika semua guru , staf dan semua murid berkumpul dilapangan.
Selain itu juga ada pertunjukan semacam seni tari ,seni tarik suara ,drama dll yang merupakan penampilan dari para murid.

REFERENSI :
Wawancara dengan Neily Shofia Ardy, B. Sc,
Alumni Al Ahgaff University of Girl Mukalla Hadromaut Yaman, Jurusan Dirosah Islamiyah tahun 2018.

Penulis: Ayoeb Taufani Zaman.

Posting Komentar

0 Komentar