Apa saja Perusak Imun Tubuh, ini Penjelasannya

Seperti kita ketahui bahwa virus corona sampai dengan hari ini belum ditemukan obatnya. 

Untuk itu maka kita harus waspada dengan selalu mematuhi protokoler kesehatan pencegahan covid 19 dengan baik,setidaknya ada 3 hal pokok yang harus dilakukan menurut Dr Rani yang juga Kepala Puskesmas Padang yaitu "penggunaan masker secara benar, sering cuci tangan dengan menggunakan sabun karena hanya dengan sabun virus bisa mati dan terakhir menjaga jarak", kata Beliau. 

Disamping ke tiga hal diatas, kita juga wajib  menjaga kesehatan  agar imun tubuh kuat, sehingga tidak gampang terkena penyakit. 
Dr Rani juga mengatakan :
"Ada 8 hal yang harus kita  hindari karena dapat melemahkan kekebalan tubuh ( imun) yaitu :
1.Konsumsi antibiotik secara bebas. 
Penggunaan antibiotik yg dikonsumsi tidak sesuai aturan akan mengakibatkan resistensi pada tubuh kita sehingga membuat kuman atau bakteri menjadi kebal dan juga bisa merusak bakteri yg baik yg melindungi tubuh kita.

2.Kurang tidur. 
kurangnya waktu seseorang untuk tidur membuat metabolisme berjalan dengan kurang baik dan  kurang tidur bisa menyebabkan tubuh tidak dapat bekerja efektif dalam melawan infeksi atau kuman penyakit.

3.Kesepian .
Berdasarkan hasil sebuah penelitian, perasaan kesepian dan terisolasi atau terkucilkan, memiliki dampak buruk bagi kesehatan fisik, Semakin lama seseorang merasa terganggu karena kesepian, maka semakin buruk pula dampaknya untuk kesehatan. 

4. Kurang olahraga.
Olahraga yang kurang bisa menurunkan sirkulasi, sehingga meningkatkan peradangan dan mencegah sistem kekebalan tubuh.

5.Stress .
Stress merupakan kunci segala penyakit ,dan bisa  membuat seluruh akses kehidupan menjadi terganggu dan jiwa kita tidak sehat, sehingga hanya dengan menata hati dan mengelola stress maka jiwa kita akan selalu sehat. 

6. Kehilangan selera humor. 
Orang yang jarang tertawa maka hormon endorfin atau hormon kesehatannya jarang keluar, sehingga mudah gelisah. Oleh karena itu selera humor yang tinggi dan banyak senyum bisa membuat seseorang sehat jasmani dan rohaninya .

7.Terlalu banyak makan. 
Makan berlebihan merupakan sumber penyakit dan juga bisa menurunkan imun, karena tidak hanya berdampak ke penampilan, tetapi juga bisa mengganggu kesehatan fisik dan mental.
 
8.Rokok.
Rokok banyak mudhorotnya karena banyak mengandung racun semisal nikotin,dan  nikotin dapat meningkatkan hormon yg menekan imunitas.
Rokok juga dapat merusak paru paru sehingga fungsi paru paru berkurang,selain itu rokok juga menurunkan antioksidan ,sedangkan anti oksidan sangat berperan fungsinya untuk melawan virus .
Selain itu rokok juga menimbulkan kerugian bagi orang disekitarnya karena perokok pasif juga ikut menghisap asap rokok yang bisa menyebabkan penyakit paru okstruktif kronis dan juga kanker paru.
Juga hasil pembakaran dari rokok yang menempel di baju seorang bapak, lalu bapak tersebut menggendong bayi, maka partikel kecil dari pembakaran rokok tersebut bisa masuk ke paru paru bayi dan bisa menimbulkan peumonia yang dapat menyebabkan kematian"

Di akhir wawancara Dokter Rani juga berpesan "Marilah kita selalu membiasakan mematuhi protokoler kesehatan pencegahan covid 19 dan juga membiasakan hidup sehat karena dengan begitu kita bisa melindungi diri sendiri dan juga melindungi orang lain demi keselamatan kita bersama".Amin.

Ayoeb Taufani Zaman Lumajang. 
Berdasarkan keterangan Dr. Sophia Chaizarani Kepala Puskesmas Padang Lumajang.

Posting Komentar

0 Komentar