TNI, Pemdes dan Masyarakat Bangun Plengsengan Irigasi di Desa Pulo

Lumajang, (DOC)
– Sebagai upaya memenuhi kebutuhan air bagi lahan sawah masyarakat, Persoel Koramil 0821/10 Tempeh turut membantu pembangunan plengsengan irigasi di Dusun Gumuk Mas Desa Pulo Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (12/6/2020).

Dalam kegiatan tersebut, Bati Tuud Koramil 0821/10 Tempeh Peltu Setiono menyampaikan, bahwa pembangunan irigasi bagi lahan pertanian sangat penting untuk dilakukan, agar aliran air menjadi lebih lancar dan kebutuhan air lahan sawah terpenuhi.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan, sebagai bagian dari aparatur kewilayahan, pihaknya selalu siap membantu pemerintah daerah melaksanakan pembangunan dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Meskipun di masa pandemi Covid-19 saat ini pembangunan harus tetap dilakukan, untuk itu, kami akan siap membantu pemerintah daerah, agar upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat segera terwujud,” ujarnya.

Sementara itu, Kaur Perencanaan Pemerintah Desa Pulo menerangkan, bahwa pembangunan plengsengan irigasi sepanjang 50 meter tersebut, dimaksudkan untuk lebih memperlancar aliran air, sehingga dapat memenuhi kebutuhan lahan sawah masyarakat yang ada di sepanjang aliran sungai.

Lanjut dia, selain untuk memperlancar aliran air, pembangunan plengsengan tersebut juga berfungsi sebagai penahan tanah agar tidak terjadi erosi saat aliran air sangat deras, terutama saat musim hujan.

“Irigasi tersebut dekat dengan rumah warga, sehingga pembangunan plengsengan selain untuk memperlancar aliran air, juga untuk mencegah pengikisan tanah yang dapat menyebabkan luapan air dan menggenangi rumah warga yang ada di sekitar irigasi tersebut,” pungkasnya. (Pendim 0821/Pri)

Post a Comment

0 Comments