Tak Memungkinkan PAS Online, Guru SMKN 1 Hu'u Datangi Rumah Siswa

Dompu (DOC) - Dalam mensukseskan pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS), guru-guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Hu'u (SMKN 1 HU'U), melakukan kunjungan ke setiap rumah peserta didik disertai dengan membawa soal untuk dikerjakan oleh peserta didik dirumahnya masing-masing. 

Pelaksanaan ini dinilai cukup efektif, mengingat tidak memungkinkannya dengan cara online.

Sebab, ada banyak kendala yang sekolah hadapi jika penilaian akhir semester dipaksakan dengan cara online, mengingat tidak semua peserta didik memiliki handphone, belum lagi kendala-kendala lainnya. 

Kepala sekolah, Syafruddin, S.Pd menuturkan bahwa, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk pelaksanaan penilaian akhir semester, salah satu diantaranya adalah mengunjungi rumah peserta didik. Pilihan ini diambil berdasarkan berbagai macam pertimbangan melalui rapat bersama dengan guru-guru di sekolah. 

"Cara ini kami anggap efektif, jika dibandingkan dengan cara yang lain. Apa lagi dipaksakan dengan melakukan penilaian akhir semester dengan cara daring dan semacamnya, nampaknya akan banyak kendala di lapangan", Ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis, (11/06/2020). 

Dikatakannya, setiap desa sudah ada guru yang diberikan tanggungjawab untuk mensukseskan pelaksanaan penilaian akhir semester. Bahkan sejauh ini berjalan dengan baik, walaupun terdapat kendala, namun masih bisa diselesaikan. 

"Komunikasi saya dengan guru cukup intens, sehingga kalau ada masalah bisa segera dicarikan solusinya" Terangnya.

Menurutnya, setiap mata pelajaran sudah ditentukan jadwalnya, begitu juga dengan guru yang akan melaksanakan pembagian soal kepada peserta didik. Kemudian setiap siswa yang sudah menyelesaikan soal, maka bisa mengembalikannya kepada guru yang ada di desanya masing-masing, dan juga bisa menyerahkannya langsung ke pihak sekolah. 

"Setiap siswa yang sudah menyelesaikan soal bisa langsung menyerahkannya kepada pihak sekolah" Ujar kepala sekolah yang berpengalaman di dunia organisasi ini(Raden't).

Post a Comment

0 Comments