Siap Hadapi New Normal, Mahasiswa KKN UM Bagikan Masker Gratis

Malang (DOC) - Pandemi Covid-19 di Indonesia tak kunjung usai. Berbagai upaya telah dilakukan dalam menanggulangi pandemi ini, salah satunya adalah kebijakan Lockdown. Namun, dikemudian hari kebijakan ini ternyata berdampak pada terhambatnya kegiatan masyarakat.  

Tidak hanya dalam sector perekonomian, tetapi juga pada sector pendidikan. Dalam menyikapi dampak yang ditimbulkan kebijakan Lockdown tersebut, kemudian dicetuskanlah penerapan tatanan normal baru atau yang disebut dengan era New Normal.

Dalam rangka mensukseskan program New Normal ini Universitas Negeri Malang (UM) ikut ambil bagian melalui kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Edisi Covid-19. Mahasiswa yang memprogram matakuliah KKN pada tahun ini diarahkan pada kegiatan yang sekiranya dapat membantu dan mengedukasi masyarakat secara tepat di tengah pandemi yang berlangsung. 

Kegiatan yang ada dapat berbentuk produk karya pengabdian maupun layanan masyarakat dengan memperhatikan protocol kesehatan.

Untuk menghadapi era New Normal ini diperlukan adanya suatu kesiapan, khususnya di kalangan masyarakat. Salah satu yang perlu dipersiapkan yakni kesadaran untuk menggunakan masker.

Masih banyak sekali masyarakat yang tidak taat dalam menggunakan masker, ditambah lagi harga masker di pasaran yang sampai saat ini tergolong cukup mahal.

Mempertimbangkan hal tersebut, kelompok KKN UM Desa Kasembon kemudian melaksanakan layanan masyarakat berupa pendonasian masker. 

Donasi ini bertujuan untuk membantu pemenuhan kebutuhan masker di Desa Kasembon, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang.

Dengan mematuhi protokol kesehatan pada 8 Juni 2020 perwakilan Tim KKN UM Desa Kasembon, terjun secara langsung menyerahkan donasi yang berupa masker tersebut. Paket donasi ini kemudian diterima langsung oleh Kepala Desa Kasembon Bapak Hadi Santoso dengan didampingi Sekretaris Desa Ibu Arum di Kantor Desa Kasembon. Nantinya donasi tersebut akan disalurkan kepada warga Desa Kasembon. 

Hadi Kepala Desa Kasembon mengungkapkan bahwa beliau senang atas donasi masker yang diberikan oleh Tim KKN UM Desa Kasembon. 

"Sebelumnya tidak ada bantuan dari luar dalam bentuk masker, kami merasa terbantu dengan kegiatan yang dilakukan para mahasiswa KKN dari UM, saya mewakili masyarakat Desa Kasembon mengucapkan banyak terima kasih kepada Mahasiswa KKN UM, semoga kedepannya banyak kegiatan-kegiatan  yang dapat bermanfaat bagi pencegahan Covid-19 khususnya di desa ini" Ujarnya.

Lebih lanjut Hadi menyatakan kesediaannya menerima mahasiswa dari UM untuk  melaksanakan KKN di Desa Kasembon pada tahun-tahun yang akan datang, semoga kerjasama Pemerintah Desa dengan UM bisa terus terjalin demi memajukan desa kami.

Jurnalis Warga: Lisa Amalia Iksan

Posting Komentar

0 Komentar