Profil Ponpes Khomsani Nur Klanting

Yayasan Sosial dan Keagamaan Ponpes Khomsani Nur adalah Yayasan yang menaungi PonPes Khomsani Nur, LKSA Al Mansuriyah, Lembaga Pendidikan MI Nurul Islam, MTs Diponegoro, dan MA Khomsani Nur Klanting. 

Yayasan ini berdiri pada tahun 2011 dengan alamat Jalan Kaspii RT.3/ RW. 3 Desa Klanting, Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang dan sekarang menaungi santri sebanyak 70 anak,  terdiri dari 50 santri putra dan 20 santri putri.

Mereka semua ditanggung biaya pendidikan, makan dan kesehatannya oleh Yayasan. 

Visi PonPes Khomsani Nur ialah menciptakan generasi Qur'ani yang mampu menjawab tantangan zaman, 
sementara misinya ialah mengamalkan Al Qur'an dan Sholawat dalam kehidupan sehari-hari dan pembelajaran nachwu shorof untuk pemahaman kitab.

Sumber dananya berasal dari bantuan Pemkab Lumajang, donatur tetap yang berasal dari Lumajang dan juga dari luar kota seperti Surabaya, Jakarta dan lain-lain, serta dari masyarakat sekitar Desa Klanting. 

Kegitan santri terbagi menjadi dua kelas pembelajaran, yaitu kelas Tachfidh Al Qur'an dan Kelas Kitab Salaf.

Pendidikan Santri dilaksanakan secara berkesinambungan yang bertujuan supaya mereka dapat mengabdi ke lembaga dan juga bermanfaat untuk ummat. 

Disamping pelajaran agama, santri dibiasakan mujahadah yaitu Dzilkir Sholawat Nuruz Zaman, Sholat Berjamaah 5 waktu dan sholat malam rutin setiap hari yang semuanya dilakukan untuk mendoakan seluruh ummat. 

Disamping itu, santri juga harus belajar di lembaga Pendidikan formal yg ada dibawah Yayasan PonPes Khomsani Nur yaitu tingkat MI, MTs,  MA dan juga rencananya sampai ke jenjang Kuliah.

Selain itu mereka juga dibekali ketrampilan kerja, seperti praktek di peternakan ayam milik Muwaqif, praktek menanam palawija di lahan milik Yayasan dan ketrampilan kerajinan tangan seperti pembuatan penebah dan keset sehingga diharapkan santri mempunyai bekal yang cukup dibidang agama dan ketrampilan usaha mandiri, sebelum terjunkan ke masyarakat.

Untuk kegiatan lain yang rutin yaitu Pengajian Kitab Balaghoh dan Gebyar Sholawat setiap satu minggu sekali di hari Kamis malam Jum'at. 

Untuk agenda berskala besar yang rutin tahunan adalah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Peringatan Isro Miroj(ATZ).

Post a Comment

0 Comments