Pesona Masjid Khomsani Nur di Wilayah Tengger

Probolinggo
 (DOC) - Perlu Diketahui PonPes Khomsani Nur sejak tahun 2008 sudah menugaskan beberapa Ustadz untuk berdakwah di daerah Tengger dan sekitarnya.

Daerahnya meliputi Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo, untuk wilayah Kabupaten Lumajang yang bertugas yaitu Ustadz Arifin di Dusun Bakalan, Desa Argosari, Kec. Senduro, Ustadz  Fatah di daerah Pusung Duwur dan Ustadz Syamsudin di daerah Sombo, Kec. Gucialit.

Sedangkan di Daerah Tengger yang terletak di Kab. Probolinggo diwakili oleh Ustadz Mustofa di Daerah Pusung Gede, Ustadz Siswanto Desa Gemito, Ustadz Qomar daerah Kedasih, Ustadz Muntaha daerah Pakel
dan Ustadz Syafiudin Daerah Plalangan. 

Tugas para Ustadz yaitu berdakwah di Masjid dan Musholla, untuk mendampingi umat Tengger dan disana mereka semua juga 
Mujahadah dan Membaca Sholawat Nuruz Zaman untuk mendoakan keselamatan ummat sedunia. 

Kebutuhan sehari hari untuk para Ustadz di wilayah Tengger, mereka bekerja sebagai petani, pedagang dan juga ada yang bekerja di usaha Toko.

Alhamdulillah keberadaan para Ustadz dapat diterima oleh masyarakat Tengger dan sekitarnya.

Kunci keberhasilan mereka adalah mampu berbaur/berkumpul dengan masyarakat sekitar, serta tidak menghilangkan adat masyarakat Tengger selama tidak bertentangan dengan Syariat Islam. serta mereka mampu meneladani dan mengistiqomahkan Sholat 5 waktu dengan berjamaah di Masjid ataupun Musholla. 

Dan yang menarik disini adalah bukti eksistensi Ustadz PonPes Khomsani Nur yang bertugas disana yaitu adanya Masjid Khomsani Nur di daerah Pusung g
Gede Kecamatan Sumber Tengger Kab. Probolinggo yang menjadi pusat dakwah Ustadz Mustofa di daerah Tengger. Masjid ini dibangun pada tahun 2017 dengan partisipasi masyarakat sekitar, masjid ini berdiri di tanah waqof dari keluarga Pak Titis yang waktu itu masih beragama Hindu.

Ketika Masjid selesai dibangun pada tahun 2019, Alhamdulillah beliau mendapat Hidayah masuk Agama Islam. 

Dan kini Masjid Khomsani Nur Tengger sudah dipakai untuk kegiatan sholat berjamaah sehari hari, Taman Pendidikan Alquran dan Mujahadah serta kegiatan keagamaan yang lain. 

Hikmah yang bisa dipetik disini adalah para Ustadz PonPes Khomsani Nur yang berdakwah di Daerah Tengger dan Sekitarnya, mampu mewujudkan kerukunan antar umat beragama, karena kerukunan merupakan hal penting buat kita semua di tengah-tengah perbedaan, yang mana perbedaan tersebut tidak menjadi hambatan untuk hidup rukun antar umat beragama.

Penulis: Ayoeb Taufani Z Ustadz PonPes Khomsani Nur.

Posting Komentar

0 Komentar