Peduli Cagar Budaya, Perkos Kunjungi Situs Bersejarah

 
Dompu
(DOC) - Dalam rangka perduli dan ingin melestarikan cagar budaya, Komunitas Persahabatan Kompak Selalu (Perkos) Kecamatan Hu'u menyambangi situs sejarah Roa Rumu, yang berada di desa Daha, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Senin, (8/6/2020). Untuk sampai di Situs Roa Rumu, para pemuda ini harus menempuh perjalanan sekitar 5 kilo meter dari kampung terdekat. Menuju lokasi mereka menggunakan motor dengan jalan yang belum diaspal dan berlubang di beberapa titik, sehingga motor harus perlahan dengan penuh kehati-hatian. 

Keberadaan situs yang berada di ladang warga di atas gunung, membuat perjalanan menuju lokasi terasa sulit dan penuh tantangan. Namun, perjalanan terjawab dengan pemandangan yang cukup menakjubkan setelah sampai di area situs. 
"Di kehidupan saat ini bisa dirasakan lunturnya generasi yang peduli terhadap peninggalan sejarah, bahkan dibeberapa desa di kecematan Hu'u hampir semua ada peninggalan sejarah yang ditinggalkan oleh leluhur" Ujar Yadin, salah seorang anggota Perkos. 

Di katannya, di kecamatan Hu'u sendiri ada banyak peninggalan sejarah yang bisa dikembangkan atau di poles jadi distinasi wisata. Hanya saja tempat tersebut masih banyak yang perlu mendapat perhatian lebih dari semua pihak, terlebih pemerintah setempat. 

"Kedepannya semoga ekspedisi tempat-tempat bersejarah masif dilakukan oleh kalangan muda. Sehingga hal seperti ini tidak saja mengetahui cagar budaya, tetapi juga memiliki nilai edukatif" Terangnya. (Raden't)

Posting Komentar

0 Komentar