Cegah Virus Corona, Mahasiswa KKN UM Desa Peniwen Bagikan 250 Hand Sanitizer

Malang (DOC) - Pandemi virus corona tidak menghalangi kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di kampus Universitas Negeri Malang (UM). Jika kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring atau online, sama halnya dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Selama ini kegiatan Kuliah Kerja Nyata mengharuskan mahasiswa berbaur dengan masyarakat, namun pada masa pandemi seperti ini, mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) diharuskan melaksanakan kegiatan KKN secara online. 

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat ditengah wabah virus corona atau Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang membagikan bantuan berupa 250 buah hand sanitizer dan alat kesehatan lainnya kepada masyarakat di Desa Peniwen, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang, pada hari Selasa (16/6/2020). Dimana sehari sebelumnya telah dilakukan pembagian masker sebanyak 1.000 buah di desa tersebut.

“Kegiatan pembagian hand sanitizer merupakan bentuk kontribusi dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang saat ini tengah mewabah di Indonesia khusunya di Kabupaten Malang, mengingat saat ini Jawa Timur memiliki kasus kematian Covid-19 yang cukup tinggi” Ungkap Damar Pranoto selaku koordinator KKN Desa Peniwen Universitas Negeri Malang.

Program kerja ini telah dikoordinasikan jauh-jauh hari sebelumnya. Mulai dari survei harga hand sanitizer hingga kegiatan eksekusi yaitu pembagian hand sanitizer itu sendiri.

Dalam pelaksanaanya, pembagian hand sanitizer melibatkan berbagai pihak seperti Mahasiswa KKN Desa Peniwen Universitas Negeri Malang, Kepala Desa Peniwen, perangkat Desa Peniwen hingga TNI dan POLRI. Pembagian hand sanitizer dilakukan di beberapa titik seperti Kantor Desa Peniwen, rumah-rumah warga, dan sekitar jalan raya Desa Peniwen. Kegiatan sosial ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah diwajibkan oleh pemerintah seperti menggunakan masker dan tetap melakukan physical distancing. 

Kegiatan pengabdian masyarakat dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Mifdal Zusron Alfaqi, S.Pd, M.Sc ini mendapat respon positif dari masyarakat. Apresiasi yang tinggi diberikan oleh Sih Utama selaku Kepala Desa Peniwen terhadap kegiatan pembagian hand sanitizer oleh mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang. Masyarakat Desa Peniwen sangat terbantu dengan adanya pembagian hand sanitizer. Hand sanitizer dinilai memberikan manfaat kepada masyarakat Desa Peniwen ketika mereka berinteraksi langsung dengan yang lain atau melakukan kegiatan sehari-hari. Selain pembagian hand sanitizer, terdapat juga beberapa program kerja lainnya dari kelompok KKN Desa Peniwen Universitas Negeri Malang yang akan dilaksanakan di Desa Peniwen selama masa pandemi.  

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesiapan masyarakat untuk menghadapi new normal alias tatanan hidup baru.

Sebagaimana panduan pencegahan yang telah dilansir oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan dalam menekan pandemi. Seperti penggunaan masker ketika beraktivitas diluar rumah sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus melalui batuk atau bersin. Serta rajin mencuci tangan dengan sabun selama dua puluh detik setelah beraktivitas di dalam rumah maupun dari luar rumah. Selain itu penggunaan hand sanitizer juga dapat menjadi pilihan ketika harus beraktivitas di luar rumah apabila tidak ada tempat untuk mencuci tangan dan himbauan untuk selalu menerapkan physical distancing atau social distancing yaitu menjaga jarak fisik antara satu sama lain ketika beraktivitas di luar rumah.

Jurnalis Warga: Yoga Putra Perdana

Post a Comment

0 Comments