Satgas Covid-19 NU Lumajang Tetap Eksis di Bulan Ramadhan

Lumajang (DOC) - Satgas Covid-19 NU Lumajang merupakan relawan yang bergerak di bidang social dalam membantu masyarakat Kabupaten Lumajang terdampak Covid-19.

Beberapa kegiatan sudah dilakukan oleh Satgas Covid-19 NU Lumajang seperti penggalangan dana, penyemprotan desinfektan di ruang public, pembagian sembako, serta mengedukasi masyarakat tentang informasi terkait  Covid-19.

Kegiatan tersebut telah dilaksanakan diseluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Lumajang kegiatan tersebut sudah dimulai sebelum bulan Ramadhan.

Selain itu, Satgas Covid-19 NU Lumajang juga memberikan bantuan tenaga kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang berhak menerima.

Misi kemanusiaan ini dilakukan tanpa mengenal suku, ras, agama, maupun golongan.

Nampaknya, penambahan kasus positif Covid-19 tetap bertambah di tengah bulan Ramadhan. Hal itu tidak mengurangi semangat relawan untuk tetap membantu masyarakat. Hanya saja,  kegiatan Satgas Covid-19 NU Lumajang disesuaikan dengan kondisi ditengah bulan Ramadhan.

Kegiatan tersebut antara lain: penyemprotan desinfektan di ruang public sudah dikurangi, mendirikan posko Satgas Covid-19 NU Lumajang, serta menerima dan menyalurkan zakat.

Satgas Covid-19 NU Lumajang di Kecamatan Tekung misalnya, sejak posko peduli Covid-19 didirikan pada tanggal 19 April 2020 kegiatan tetap berlangsung di hari ke-10 bulan Ramadhan.

Kegiatan yang dilakukan antara lain memberikan masker dan takjil secara gratis.

“Kesadaran masyarakat terhadap penggunaan masker masih kurang, relawan asih banyak menjumpai masyarat yang melintasi posko tidak menggunakan masker. Sehingga, relawan memberikan bahkan mengenakan masker secara gratis kepada masyarakat" Ujar Farid Wazdi salah satu pengurus Satgas Covid-19 NU Lumajang.

Selain membagikan masker Satgas Covid-19 NU Lumajang juga membagikan takjil kepada masyarakat. Bulan Ramadhan juga bukan halangan bagi para relawan untuk membantu masyarakat” Lanjutnya.

Semua kegiatan yang dilakukan oleh Satgas Covid-19 NU Lumajang juga menerapkan SOP kesehatan yang disarakan pemerintah.

Para relawan juga menjalankan Physcal distancing, menggunakan handsanitizer, mengunakan masker, serta rapat dilakukan secara daring.

“Para relawan Satgas Covid-19 NU Lumajang juga harus menjaga kesehatan masing-masing dengan  menerapkan SOP kesehatan, supaya kami dapat terus membantu masyarakat Kabupaten Lumajang  yang terdampak Covid-19 dengan aman” Terang Farid Wazdi.

Jurnalis Warga: Ahadiyah Kintan Ramadhani

Post a Comment

0 Comments