Forkopimda Lumajang Resmikan Kampung Tangguh

Lumajang,(DOC)-Untuk menangkal penyebaran virus corona (Covid-19), Pemkab Lumajang bersama unsur forkopimda meresmikan  Kampung Tangguh.

Acara peresmian kampung tangguh dilaksanakan di Balai Desa Banjarwaru, Desa Banjarwaru, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang, Rabu (27/5/2020).

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menyampaikan bahwa program Kampung Tangguh ini adalah program dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Launching tersebut dilakukan di Desa Banjarwaru dan sebagai pilot projek yang pertama untuk program Kampung Tangguh di Kabupaten Lumajang.

Karena itu, ujung tombak dari semua penanganan terhadap pandemi Covid-19 ialah harus dibuat pemerataan langkah dalam penanganan pencegahan Covid-19 di desa-desa.

"Ini merupakan tindak lanjut antara Pemerintah daerah, Kapolres, Dandim dan Batalyon 527 sebagai mitra bersama antara pemerintah, TNI dan Polri untuk membentuk sebuah program yang disebut Kampung Tangguh," ujarnya.

Bupati mengapresiasi Kepala Desa Banjarwaru yang gajinya dibelikan APD untuk persiapan pemakaman bagi yang teridentifikasi positif Covid-19. Termasuk seluruh mekanisme yang ada di desa melalui anggaran DD yang tentunya saat ini fokus pada penanganan Covid-19.

Ia juga meminta kepada semua Camat, Kapolsek maupun Danramil untuk memantau secara langsung berbagai bantuan yang ada di desa masing-masing.

Dandim 0821 Lumajang, Letkol Inf. Ahmad Fauzi meminta agar masyarakat lebih sadar, karena aparat tidak akan bisa bergerak sendiri tanpa adanya dukungan dari masyarakat.

"Kita bersama pemerintah, aparat maupun masyarakat harus bersama-sama mencegah dan memutus penyebaran Covid-19. Jadikanlah Kampung Tangguh Ini sebagai contoh bagi desa-desa yang lain," pesan Dandim 0821 Lumajang.

Sementara itu, Kapolres Lumajang, AKBP Adewira Siregar menjelaskan bahwa dalam Kampung Tangguh terdapat struktur maupun mekanisme yang baik dalam mencegah maupun memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berkembang dan semua desa dapat membentuk Kampung Tangguh, dengan harapan Jawa Timur dapat menurunkan angka penyebaran Covid-19 dan bahkan bisa terbebas dari Covid-19," tuturnya.

"Saya harap seluruh kepala desa di Kabupaten Lumajang juga dapat mewujudkan program Kampung Tangguh," imbuh Adewira

Usai melaunching Kampung Tangguh, Bupati beserta rombongan menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) ke 107 KK yang diserahkan secara simbolis kepada 5 KK. Setelah itu, bupati juga menyaksikan simulasi pemulasaran jenazah Covid-19. (Imam)


Post a Comment

1 Comments

  1. Selamat pagi teman online ku!! pesan saya kalau ga ada kepentingan jangan dlu keluar rumah yaa, Kini Hadir
    Link Alternatif Pkv Games yang bisa temanin ke bosanan kalian, karna dari diri kita sendiri yg bisa mencegah penyakit yg lagi heboh itu,semoga kita semua dilindungiNYA.

    ReplyDelete