Lalu Mirwan Tawarkan Gagasan Cemerlang Program 3G

Lombok Tengah (DOC) - Gapura Good Governance  atau yang disebut 3G. 3G adalah visi pembangun calon Kepala Desa Gapura Lalu Mirwan Kader.

Seperti yang kita ketahui, Lalu Mirwan adalah Kader sekaligus Pimpinan di Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Marhaenis Nusa Tenggara Barat (DPD GPM NTB) yang didorong untuk maju dalam Pemilihan Kepala Desa Serentak di Lombok Tengah.

Banyak yang menanyakan apa itu 3G, dan bagaimana implementasinya dalam bentuk praktik.

Berikut penjelasan Lalu Mirwan: 3G singakatan dari Gapura Good Governance yaitu suatu peyelegaraan manajemen pembangunan yang solid dan bertanggung jawab yg sejalan dgn prinsip demokrasi dan pengelolaan yang efisien, penghindaran salah alokasi dana investasi dan pencegahan korupsi baik secara politik maupun secara administratif menjalankan disiplin anggaran serta penciptaan legal dan politican framework bagi tumbuhnya aktifitas penyelenggaraan pemerintahan.

Good Governance pada dasarnya adalah suatu konsep yang mengacu kepada proses pencapaian keputusan dan pelaksanaannya yang dapat dipertanggungjawabkan secara bersama. Sebagai suatu konsensus yg dicapai oleh pemerintah, warga masyarakat, dan sektor swasta bagi penyelenggaraan pemerintahaan dalam suatu desa bahkan negara.

Dalam menjelaskan tentang Good Governance, Lalu Mirwan menjelaskan Story Good Governance di Indonesia.

Good Governance diIndonesia sendiri mulai benar-benar dirintis dan diterapkan sejak meletusnya era Reformasi yg dimana pada era tersebut telah terjadi perombakan sistem pemerintahan yang menuntut proses demokrasi yang bersih sehingga Good Governance merupakan salah satu alat Reformasi yang mutlak diterapkan dalam pemerintahan sampai di tingkat desa.

Dari penjelasan tersebut, Lalu Mirwan melihat dari sisi perkembangan penyelenggaraan pemerintahan Desa di Desanya, Desa Gapura
Akan tetapi, jika dilihat dari perkembangan Desa Gapura  yg sudah berjalan selama 20  tahun ini, penerapan Good Governance di Desa belum dapat dikatakan berhasil sepenuhnya sesuai dengan perkembangan Desa pada umumnya seperti yang dicita-citakan oleh para pendiri Desa (Tim Perumus) Waktu itu.

Masih banyak ditemukan kekurangan dan ketimpangan dalam tatakelola sistem kepemerintahan desa yg transparan dan akuntantabel yang merupakan dua produk utama Good Governance.

Sistem kerja sebagai acuan dalam menentukan visi dan misi kerja Good Governance dalam sistem pemerintahan yang akan dijalankan ketika diberikan Mandat oleh Masyarakat Desa Gapura:
1. Partisipasi Masyarakat (Participation)
2. Tegaknya Supremasi Hukum (Rule of Law)
3. Transparansi (Transparency)
4. Berorientasi pada Konsensus (Consensus)
5. Kesetaraan (Equity)
6. Efektifitas dan Efisiensi (Effectiveness and Efficiency)
7. Akuntabilitas (Accountability)
8. Visi Strategis (Strategic Vision)

Demikian, sekilas bagaimana jalan strategis yang akan dia bangun jika masyarakat Desa Gapura memberikan mandat untuk memimpin Desa Gapura dalam 6 (Enam) tahun kedepan.

Ditemui terpisah, Ketua DPD GPM NTB Bung Lalu  Kesuma Jayadi, menyampaikan agar proses demokrasi dalam Pilkades serentak ini berjalan dengan baik.

Walau kita ketahui, ada penundaan tahapan-tahapan Pilkades karena Mewabahnya Covid-19 sesuai instruksi Pemerintah Daerah.
Tetapi, Lalu Kesuma Jayadi menambahkan: Agar Masyarakat Desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak di Lombok Tengah terlebih Gapura harus lebih cerdas untuk memilih pemimpinnya(YP).

Posting Komentar

0 Komentar