Cegah Penyebaran Covid-19, Desa Daha Bentuk Satgas

Dompu (DOC) - Pemerintah Desa Daha Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, melakukan rapat pembentukan Satuan Tugas (Satgas), ditingkat desa untuk merespon persebaran Covid-19. Rapat dilaksanakan di aula balai desa dengan di hadiri oleh berbagai elemen desa, baik tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh agama.

Kepala Desa Daha, Fadli, merespon dengan baik adanya rapat pembentukan satgas ini. Hal ini laksanakan untuk menindaklanjuti rapat tanggal 28 Maret 2020 lalu, di UPTD Puskesmas, yang mendorong agar masing-masing desa se-kecamatan Hu'u membentuk satgas.

"Pembentukan satgas ini guna menanggulangi peredaran Covid-19, khususnya di Desa Daha, menanggapinya secara serius. Karena dimana bahwa kita dituntut saling menjaga, sehingga langkah alternatifnya sesuai petunjuk pada saat pembentukan satgas kemarin di UPTD Puskesmas. Kami di setiap desa di kecamatan Hu'u harus melaksanakan dan menindaklanjuti apa yang menjadi kesepakatan-kesepakatan kemarin. Maka demikian saya menghimbau, seluruh masyarakat saya untuk menanggapi secara serius kaitan dengan penyebaran Covid-19," Ujarnya.

Namun, sebelum rapat pembentukan satgas,  pemerintah Desa Daha sudah melakukan upaya-upaya dalam memberikan informasi kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan membiasakan hidup bersih. Setiap dusun sudah dihimbau secara langsung kepada masyarakat guna melakukan pencegahan-pencegahan terhadap penyebaran Covid-19.

"Terkait pembentukan satgas saya dari Karang Taruna sangat setuju dengan adannya kegiatan ini, khususnya masyarakat Desa Daha akan bisa lebih menjaga keselamatan terkait dengan beredarnya Covid-19 yang sangat berbahaya. Kemudian langkah teknis ketika ada teman atau kerabat yang datang dari luar kota, kami akan menyuruh teman-teman untuk melakukan pemeriksaan secara rutin selama 14 hari di puskesmas, agar keluarga dan kerabatnya terjaga dari Covid-19," Pungkas Erwin Saputra, selaku ketua Karang Taruna.

Persebaran covid-19 sangat mengkhawatirkan semua pihak, sehingga berbagai upaya dilakukan untuk menghentikan persebarannya.

Sukrin, selaku tokoh masyarakat juga memberikan respon yang positif terkait pembentukan satgas di tingkat desa.
"Ini merupakan langkah menanggulangi persoalan-persoalan yang terjadi khususnya di masyarakat Desa Daha. Jadi terbentuknya satgas ini merupakan langkah antisipasi, dan saya menganggap hal ini luar biasa dan cukup efektif," Ujarnya singkat.

Jurnalis Warga: Suradin

Posting Komentar

0 Komentar