IWL Bersama Masyarakat Gelar Aksi Tanam Seribu Pohon

Lumajang,(DOC)- Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional, Sejumlah wartawan yang tergabung dalam IWL (Ikatan Wartawan Lumajang) menggelar aksi penghijuan di Gunung Puji Lemongan.

Kegiatan tersebut dengan tema “IWL Hijaukan Bumiku” yang berada di Gunung Puji Lemongan, Desa Papringan, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Sabtu (29/02/2020).

Sebelumnya, IWL juga telah menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) dengan membagikan sembako kepada janda tua yang paling tidak mampu sebagai penerimanya, di wilayah Kecamatan Klakah dan Kecamatan Pronojiwo.

Dalam acara tersebut, tampak dihadiri Perhutani , Danramil, Camat Klakah, Kapolsek Klakah, Pemdes Papringan, LMDH Sari Tani, Pokdarwis Sekar Lemongan, Puskesmas Serta KMPK Klakah, Sispala Lumajang, Tagana, LSM Lanusa, Peradi Kab Lumajang, SD Papringan 02 Klakah dan PAUD Fathur Rahman 1,2,3 serta MTs Fathur Rahman Papringan.

Penasehat Ikatan Wartawan Lumajang Mujibul Choir menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi peserta dan kepedulian pada alam sekitar untuk penanaman seribu pohon untuk hijaukan bumi.

“Penghijauan itu sangat penting karena akan menjaga kerusakan tanah agar tidak mudah longsor. Dengan adanya kegiatan ini, kehadiran wartawan tidak menjadi alergi, karena ita bukan musuh, tapi kita hadir bersama dan untuk masyarakat”, tuturnya.

Sementara itu Asisten Perhutani (Asper) BKPH Klakah, Soebagio Aries mengharapkan tanaman itu tidak asal ditanam tetapi harus dirawat agar bisa tumbuh dan berkembang.

Ketika pohon tersebut sudah tumbuh besar. Buah yang dihasilkan dari pohon itu juga bisa dinikmati oleh masyarakat setempat.

“Mereka bisa menikmati hasilnya, tapi tak boleh memotong pohon tersebut,” ungkapnya.

Selain itu dikesempatan yang sama, Ketua LMDH Suyut, mengatakan dirinya bersama Pokdarwis akan merawat dan menjaganya agar tanaman tersebut tumbuh.

Acara diawali apel pagi serta pembagian Bingkisan dan Cinderamata kepada pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan HPN  tahun 2020.

Tidak ketinggalan dalam penanaman seribu pohon juga dihadiri anak-anak Sekolah Usia Dini, sekaligus mendidik anak-anak dengan tujuan turut serta menjaga kelestarian ekosistem dengan cara ikut pembelajaran dan praktek menanam dihutan lindung lereng Lemongan. (Mam)

Posting Komentar

0 Komentar