Dongeng, Hingga Pembuatan Akte Meriahkan Hari Jadi Pertama KIM di Pasirian

Kegiatan dongeng di hari jadi pertama KIM
Lumajang,(DOC)-Dalam rangka hari Jadi Pertama Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang dihadirkan untuk memberikan kecintaan terhadap anak-anak melalui literasi baik membaca maupun Dongeng Anak Remaja Keliling (Doarek).

Acara tersebut dilaksanakan di Balai Desa Bades, Kecamatan Pasirian, Rabu (11/3/2020).

Dalam acara tersebut merupakan hari Jadi Pertama Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Bimo, dan pengenalan Karang Taruna Dharma Bakti Muda

Kegiatan tersebut diikuti 14 lembaga dari PAUD, TK/RA, MTs. Dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Bimo, Karang Taruna Dharma Bakti Muda.

Ketua Panitia Yunaidi Zainul Abdillah dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan dalam rangka hari Jadi Pertama Informasi Masyarakat (KIM) Bimo dan pengenalan Karang Taruna Dharma Bakti Muda yang ada di Desa Bades.

"Ada beberapa rangkaian yang diselenggarakan yakni kegiatan Dongeng Anak Remaja Keliling yang bekerja sama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang. Kegiatan kedua yaitu KTP Elektronik, Pembuatan Akte kelahiran dan Akte kematian yang bekerja sama dengan Dispenduk juga disertai oleh KUA untuk membagikan legalisir," terang Ketua KIM.

Tujuan kegiatan ini Desa Bades bisa melayani dan mudah untuk melakukan pengurusan KTP Elektronik bagi pemula dan akte kelahiran agar bisa terwujudnya masyarakat tertib adminitrasi kependudukan.

"Pengenalan bazar jajanan tradisional yang diselenggarakan oleh PKK, Posyandu, gerbang mas yang ada di Desa Bades. Tujuan ini agar anak-anak generasi penerus sekarang lebih mengenal tanaman lokal yang buahnya berasal dari dalam tanah (kolopendem). Dan mengajarkan kepada generasi untuk tidak tergantung salah satu makanan pokok saja karena banyak macamnya," ujarnya.

Kepala Desa Bades Sahid berharap Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) kedepannya untuk menjadikan pusat informasi yang lebih tajam dan dapat dipercaya.

"Harapan kami adanya ulang tahun KIM dan pengenalan karang taruna untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Bades dan sekitarnya," ujarnya.

"Kami selaku Pemerintah Desa meningkatkan kualitas untuk bisa melayani masyarakat Bades dan khususnya kegiatan pencetakan Kartu Keluarga, KTP, maupun Akte yang mana masih dirasakan kurang di masyarakat Bades. Kami dan KIM akan melayani masyarakat yang belum memiliki KK, KTP," imbuh Sahid.

Sementara itu, Pustawakan Perpustakaan Lumajang, Chindy Vionariska mengatakan, meningkatkan kemampuan membaca (literasi) dalam perbaikan kehidupan sosial-ekonomi masyarakat.

"Melalui peningkatan peran perpustakaan sebagai wahana pembelajaran bersama untuk mengembangkan potensi masyarakat. Serta menanamkan rasa cinta dan membudayakan minat baca serta Literasi pada anak sejak dini," tuturnya. (Mam)

Posting Komentar

0 Komentar