Babinsa Lempeni Hadiri Rapat Pemicu ODF

Kepala Puskesmas Tempeh saat memberikan sambutan
Lumajang,(DOC)- Untuk mewujudkan Desa Lempeni menjadi desa yang ODF,Babinsa desa Lempeni Koramil 0821/10 Tempeh Kopka Aris Setyardi menghadiri rapat Pemicu Open Defecation Free (ODF) dari Puskesmas Tempeh yang bertempat di Balai desa Lempeni, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Selasa (3/3/2020).

Acara tersebut tampak dihadiri, kepala Puskesmas Tempeh Dr. Ima Rifianti,  SKM Reni Puspita Sari, Ibu Kepala desa Sheila, dan Babinsa Lempeni Kopka Aris Setyardi, Babinkamtibmas Polsek Tempe Aipda Dhimas, Bidan desa Dinik Kurniawati AMd. Kep, serta perawat desa Eka Artistianti AMd. Kep,  masyarakat kurang lebih 40 orang.

Babinsa Lempeni Kopka Aris Setyardi menyampaikan, ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, karena pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan

"Sehingga untuk memutuskan rantai penularan harus dilakukan rekayasa pada akses ini," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Tempeh Dr. Ima Rifianti juga menyampaikan,  bahwa masyarakat juga harus ikut andil dalam menjaga kebersihan lingkungan dan wilayahnya masing-masing dengan tidak membuang sampah ke sungai dan buang air besar sembarangan.

"Dan mustahil tanpa dukungan dan keterlibatan masyarakat dan juga Kepala Desa diseluruh Kecamatan Kranggan dan Dinas terkait untuk mewujudkan Kecamatan Tempeh dari ODF," Ungkapnya.

Ibu Kepala Desa Sheila mengatakan kepada masyarakat desa Lempeni agar membiasakan diri membuang air besar di jamban pribadi atau jamban umum  yang sudah disiapkan.

"Jangan membuang air besar kesungai lagi seperti yang selama ini masyarakat lakukan," Imbuhnya.

Lanjutnya, Dengan adanya jambanisasi di desanya, pihaknya menghimbau warga masyarakat untuk  berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan.

"Demi terciptanya desa yang bersih dan bermartabat serta terhindar dari segala macam penyakit," Tandasnya. (Mam)



Posting Komentar

0 Komentar