Ketua DPRD dan Komisi A DPRD Lumajang Kunker Ke Polres Lumajang

Lumajang,D-onenewslumajang.com: Ketua DPRD Lumajang Anang Akhmad Syaifuddin bersama Komisi A mendatangi Mapolres Lumajang, Selasa (11/2/2020).

Kunjungan mereka adalah bagian kunjungan kerja langsung diterima oleh Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negera Siregar, dan Wakapolres bersama pejabat utama Polres Lumajang.

Ketua DPRD  Anang Akhmad Syaifuddin mengatakan, hal tersebut merupakan bagian kunjungan kerja sebagaimana polres selaku mitra kerja komisi A DPRD Kabupaten Lumajang.

Tidak hanya sekedar teknis terkait penanganan kriminalitas di Kabupaten Lumajang. Akan tetapi lebih mencermati, apa faktor yang mendasarinya.

"Tadi Kapolres juga menyampaikan kepada kami, soal analisa patologi sosial. Angka kemiskinan dan tingkat pengangguran masih tinggi, disparitas masih kita rasakan. Termasuk wilayah utara yang angka kriminalitasnya masih tinggi, disitu ternyata sebaran kemiskinan, sebaran pengangguran dan sebaran keputusan sekolah banyak disana," terang Anang.

Meyikapi akan hal itu, Anang yang merupakan politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa itu akan megeluarkan beberapa rekomendasi guna meningkatkan kinerja polres Lumajang.

"Kami akan mengeluarkan rekomendasi guna meningkatkan kinerja Polres Lumajang," ujarnya.

Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negara Siregar mengatakan, perlu keterlibatan semua pihak, terlebih pemerintah baik daerah maupun pusat.

"Itu salah satu pandangan sisiologis kita bersama. Namanya kriminalitas itu mungkin puncaknya dari faktor - faktor yang mendukung terjadinya hal tersebut. Misalnya, tingginya pengangguran, kemiskinan dan angka putus sekolah. Ini perlu adanya upaya bersama, termasuk kita berikan wawasan kepada masyarakat mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan," ucap Adewira.

Dia menambahkan, perlunya keterlibatan masyarakat untuk mendukung kinerja polres Lumajang guna meningkatkan stabilitas kamtibmas di wilayah hukum.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Lumajang menuturkan, mengajak anggota Komisi A DPRD untuk mengitari Mako untuk melihat situasi dan aktifitas diruangan Polres Lumajang.

"Rencananya Polres Lumajang akan dipindah ke Wonorejo sedangkan untuk Kantor DPRD Lumajang akan menempati di Jalan Lintas Timur (JLT) dalam waktu jangka panjang," Pungkasnya. (Imam)

Posting Komentar

0 Komentar