Masyarakat Diminta Jaga Kebersihan Saluran Air

Lumajang,(DOC) – Bati Tuud Koramil 0821/15 Tekung Pelda Solikin mengatakan, bahwa untuk mencegah terjadinya genangan air saat turun hujan, masyarakat diminta untuk selalu memelihara dan menjaga kebersihan saluran air, agar dapat megalirkan air lebih lancar.

“Menjaga kelancaran saluran air sangat penting dilakukan khususnya saat musim hujan, agar tidak menyebabkan luapan air yang dapat menggenangi jalan dan pemukiman masyarakat,” katanya saat kegiatan Pembersihan Saluran Air yang berada, di Dusun Krajan Desa Tukum Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (27/1/2020).

Solikin juga mengatakan, sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertugas melaksanakan pembinaan wilayah, selain melaksanakan tugas kemiliteran, pihaknya juga harus dapat menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha dalam mengatasi kesulitan masyarakat.

“Dengan dilaksanakannya pembersihan ini, diharapkan dapat menambah debit air yang ditampung dan mengalirkannya dengan lancar, sehingga tidak menyebabkan luapan air yang dapat menggenangi jalan dan pekarangan rumah warga,” ujarnya.

Selain itu, dikatakan Solikin, bahwa dalam kegiatan tersebut tidak hanya melakukan pembersihan saluran air dari sampah dan tanaman liar saja, tetapi juga dilakukan pengerukan dasar saluran untuk menambah debit air yang dialirkan.

Menurutnya, saluran air tersebut bukan hanya mengairi lahan pertanian di Desa Tukum saja, tetapi juga mengairi lahan pertanian di dua desa yang lain, yaitu Desa Kalibendo dan Desa Wonokerto.

“Semoga dengan kegiatan bersama yang dilakukan ini dapat memotivasi masyarakat dan petani untuk selalu menjaga kebersihan saluran air, sehingga aliran air menjadi lebih lancar dan tidak menggenangi jalan maupun pekarangan rumah warga,” pungkasnya. (Pendim 0821/Phie)

Post a Comment

0 Comments