Ketua AKD: Kades Baru Harus Belajar Aturan Tentang Pemerintah Desa

Ketua AKD Suhanto
Lumajang,(DOC)-Kepala Desa di Lumajang yang baru saja dilantik belajar tentang aturan atauran serta regulasi tentang pemerintahan Desa agar dalam mengambil kebijakan tidak melanggar aturan.

Hal tersebut disampaikan Suhanto Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD Kabupaten Lumajang, ketika ditemui awak media diruang kerjanya, Rabu (22/1/2020) kemarin.

Untuk itu, kepada seluruh kepala Desa yang baru yang tidak tahu jangan segan-segan untuk bertanya kepada teman-teman yang sudah pernah menjabat kepala desa.

"Di desa juga ada pendamping Desa yang lebih banyak tahu tentang regulasi penganggaran," tutur Suhanto.

"Kita ini juga punya  leading sektoral diatasnya, yaitu camat . Dinas pemberdayaan masyarakat Desa ( DPMD ) tentunya kita harus sering berkoordinasi dan konsultasi dengan Mereka sehingga langkah langkah yang kita ambil, kebijakan yang kita ambil tidak melanggar hukum," imbuh dia.

Kades yang baru tentunya belum tahu banyak tentang AKD (Asosiasi Kepala Desa). Organisasi AKD ini adalah organisasi sosial kemasyarakatan, tapi organisasi profesi, artinya organisasi wadah khusus kepala desa.

"AKD Ini untuk menampung aspirasi Kepala desa, untuk menjembatani serta sebagai mediator tatkala ada permasalahan permasalahan, tatkala ada kebuntuan komunikasi, baik dengan pemerintah atau pihak lain," tandas Suhanto.

Dirinya hanya penyeimbang, mengakomodir terhadap kepentingan kepentingan teman teman kepala desa. Makanya, tatkala ada ketimpangan ketimpangan yang tidak sesuai dengan harapan teman kepala desa, kita sebagai mediatornya.

"saya berharap kepada semua kepala desa yang baru, agar supaya selalu berkoordinasi," pungkasnya.(mam)

Posting Komentar

0 Komentar