Kapolres Lumajang Gelar Simas Galar dan Pembinaan SKD di Madurejo

Lumajang, (DOC) - Silaturahmi Kapolres Lumajang dalam rangka "Si Mas Galar" solusi kamtibmas tiga pilar dan pembinaan SKD, berlangsung di Balai Desa Madurejo,  Kecamatan Pasirian,  Lumajang,  Rabu (15/1/2020).

Acara tersebut dihadiri Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negara Siregar. Tampak juga dihadiri pejabat utama,  Kabag ops,  Kasat Sabhara,  Kasat Reskrim, Kasat Reskoba,  dan Forkopimca.

Dalam acara Si Mas Galar dihadiri 3 Satgas Keamanan Desa (SKD) yang sudah dibentuk wilayah Kecamatan Pasirian, seperti SKD Selok Anyar, Selok Awar-Awar dan SKD Bago. Dan Muspika Pasirian

Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negara Siregar mengatakan,  Bahwa SKD sendiri punya peran serta kotribuksi besar terhadap pihak kepolisian,  karena ikut terlibat menjaga keamanan terhadap masyarakat.

"Di tahun 2020 itu mempunyai 7 program yakni Si Mas Galar salah satunya adalah itu kepanjangan kependekan dari solusi tiga pilar kenapa tiga pilar yang ada di desa itulah yang selama ini membahu menjaga menjalankan dan berusaha meningkatkan pembangunan di desa tersebut," tuturnya.

Menjaga keamanan meningkatkan sarana prasarana sebagai yang terdepan yang paling bawah adalah adalah 3 pilar gading itu salah program-program lainnya. Yang pertama disampaikan namanya polisi Religius Prosedural dan Profesional dalam membangun sumber daya manusia Polres.

"Jadi diharapkan dengan program ini nanti polisi Polres Lumajang itu religius, prosedural dan profesional ini kita bangun dari mulai tahun 2020 ini supaya Polres Lumajang itu nanti menjadi polisi yang didambakan oleh masyarakat," tutur AKBP Adewira Negara Siregar.

Bahkan ada namanya program ngopi mikir masalah tangguh.  Mungkin akan bertanya-tanya yang itu apa itu sebenarnya singkatan dari 7 kata yang pertama itu tanggap, kemudian yang kedua itu aktual yang ketiga itu normatif, guyup, giat dan humanis.

"Jadi ada 7 kata ini kita ambil di namanya tangguh jadi 2020 diharapkan polisi Polres Lumajang itu yang mewakili 7 kata tersebut sehingga tugas-tugas bisa kita selesaikan dalam rangka menjaga memelihara Kamtibmas melindungi melayani mengayomi dan melayani masyarakat dan terakhir penegakan hukum yang profesional,"
tandas Kapolres.

Tuntas kriminalitas diawasi oleh Tim Cobra dan Tim Panther. Kalau tim Cobra itu sifatnya mencari yang menyerang cari siapa pelakunya cari keterangan dari barang bukti kalau memang melawan melawan akan diberi tindakan tegas Polres Lumajang.

"Ingat pelaku melawan petugas membahayakan masyarakat kita kasih stempel Polres Lumajang," tutur Adewira.

Lebih lanjut,  Kapolres berpesan, jika menangkap pelaku kejahatan,  diharapkan jangan bermain hakim sendiri, namun menyerahkan kepada pihak kepolisian.

"Anggota SKD sendiri punya wewenang untuk menangkap pelaku kejahatan. Namun proses hukumnya adalah pihak kepolisian," pungkasnya. (Mam)




Posting Komentar

0 Komentar