Cegah Kerusakan Ekosistem Alam, Melakukan Penanaman Bersama di Hutan Lindung

Penanaman Pohon bersama
Lumajang,(DOC)-Untuk mencegah terhadap kerusakan ekosistem alam dan mengembalikan fungsi kawasan hutan, dilakukan penanaman bersama stagholder dan lapisan masyarakat di hutan lindung Dusun Ranu Lading, Desa Sumberwringin, Kecamatan Klakah, Lumajang, Rabu (22/1/2020).

Dalam pelaksanaan penanaman ada beberapa jenis bibit pohon seperti duren, alpukat, petai, sirsat dan salam sekitar 1.000 bibit pohon yang ditanam

Wakil Kepala Administratur (Waka ADM) Kabupaten Lumajang Yus Yaser Arafat mengatakan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi terhadap kegiatan penghijauan tersebut, serta akan mengajak masyarakat untuk selalu merawatnya.

“Kami menyambut baik kegiatan pengijauan ini dan akan mengajak masyarakat agar merawatnya serta untuk peduli terhadap lingkungan, karena tanaman tersebut dianggap cocok di lahan pegunungan,” terangnya.

Lebih jauh,  Yus Yaser menyampaikan, pihaknya akan terus menekankan kepada seluruh Asper dan mantri perhutani untuk bisa memberikan kesadaran kepada seluruh masyarakat agar sadar dan peduli terhadap pentingnya hutan bagi alam dan kehidupan ini.

"Saya akan terus menekankan kepada teman-teman perhutani agar menggandeng seluruh lapisan masyarakat untuk peduli dan terus menjaga hutan agar tetap lestari," tuturnya.

Sementara itu, Danramil 0821/05 Klakah Kapten Inf Sujono menyampaikan, bahwa penghijauan dengan penanaman jenis bibit pohon duren, alpukat, petai, sirsat dan salam sekitar 1.000 bibit pohon tersebut, dilakukan bersama masyarakat  di lahan wilayah hutan lindung perkebunan Ranul Ading seluas dua hektar dengan cara bertahap.

Oleh karena itu, nantinya masyarakat diharapkan bisa ikut memperhatikan dan terus merawat, sehingga bibit pohon yang ditanam bisa hidup besar dan hasilnya bisa bermanfaat bagi warga desa Sumberwingin dan sekitarnya.

“Semua komponen wajib menjaga dan melestarikan hutan lindung agar tetap hijau. Selain itu, juga untuk meminimalisir terjadinya bencana alam, seperti tanah longsor dan banjir saat musim penghujan,” ujarnya.


Posting Komentar

0 Komentar