Cegah Kendaraan Muatan "ODOL", Satlantas Polres Lumajang Gelar Razia

truk memuat kayu berlebihan ditilang polisi
Lumajang, (DOC) - Guna menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lumajang menggelar operasi penertiban Operasi kendaraan Over Dimension and Over Load (ODOL).

Kegiatan penindakan ini tidak hanya kepada truk ODOL yang bermuatan berlebih , kendaran bak terbuka yang memuat orang juga mendapatkan tindakan tegas yakni  pemberian surat tilang serta himbauan tertib berlalu lintas.

Kanit Laka Lantas Polres Lumajang Ipda Joko Triyono menjelaskan,  penindakan tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut progam Dirlantas Polda Jatim tentang penertiban angkutan logistik over kapasitas.

"Untuk melakukan penindakan, Satlantas Polres Lumajang menerjunkan puluhan anggotanya untuk melakukan razia di beberapa titik jalan yang merupakan jalur truk dan angkutan barang lainnya," ujarnya.

Joko mengatakan, keberadaan truk atau pikap yang membawa muatan berlebih ini, memiliki sejumlah resiko. Baik terbukti melanggar tentang batas muatan yang telah ditentukan. Juga dinilai cukup membahayakan bagi pengguna jalan lainnya.

“Setiap hari akan terus kita lakukan penindakan kepada kendaran yang membawa muatan tidak sesuai dengan aturan dan regulasi yang ada,” ujarnya,

Pemotongan bak truk ini sesuai dengan pasal 277 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tentang modifikasi kendaraan bermotor. Atau kendaraan angkutan yang telah berubah dimensi dan daya muatannya hingga merubah dimensi dan daya muatnya adalah sebuah perbuatan pidana yang harus diberi sanksi pidana.

"Kami juga menghimbau agar sopir truk jangan memaksa diri kalau muatan yang diangkut melebihi batas normal," himbau Ipda Joko Triyono.(Mam) 

Posting Komentar

0 Komentar