Sejumlah Waria di Desa Gesang Mendapat Penyuluhan dan Pelayanan Kesehatan Gratis

Lumajang, (DOC) – Untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Lumajang, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) didampingi Bintara Pembina Desa (Babinsa) Gesang memberikan pelayanan kesehatan gratis, dan penyuluhan tentang penyakit HIV/AIDS pada sejumlah Waria, bertempat di Balai Desa Gesang Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (6/11/2019).

Dalam kegiatan tersebut, Babinsa Gesang Koramil 0821/10 Tempeh Sertu Idam Cholid mengatakan, bahwa pihaknya sangat mendukung dengan adanya kegiatan tersebut. Dan, diharapkan nantinya Waria yang mendapatkan pemahaman tentang penyakit HIV/AIDS mampu berperan sebagai Kader kesehatan yang dapat memberikan informasi, penyuluhan atau pengarahan tentang penyakit HIV/AIDS kepada komunitasnya.

“Kami harap, Waria yang saat ini mendapatkan pemahaman tentang penyakit HIV/AIDS, nantinya adapat menjadi Kader Kesehatan dengan membantu mengarahkan dan memberikan informasi itu kepada sesama Waria,” katanya.

Menurutnya, pemeriksaan dan penyuluhan tersebut berdasarkan data dan fakta bahwa dalam penyebaran HIV/AIDS, Komunitas Waria dinilai sebagai komunitas yang berisiko terhadap penularan penyakit tersebut.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Gesang Sus Setyaningsih, S.S.T., menyampaikan, bahwa dengan adanya banyak para waria yang berobat berbagai penyakit membuat keprihatinan dari pihak Pukesmas, maka Kepala Desa Gedang berupaya untuk pemberian pelayanan kesehatan dengan Puskesmas.

“Dalam pemeriksaan, kami melakukan pengambilan sampel darah para Waria untuk kemudian dilanjutkan pemeriksaan Laboratorium. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana kondisi kesehatan Waria, apakah sudah terinfeksi virus atau tidak,” pungkasnya. (Pendim 0821/Pri)

Posting Komentar

0 Komentar