ODA SMAN 3 Lumajang Pelajari Pembuatan Gula Aren

Lumajang - Alam Sarana Menggali Jiwa Kepemimpinan Pemuda
Sandal itu sebutan mereka, kali ini sandal (Dewan Ambalan Satria Mandala) yang berpangkalan di SMA Negeri 3 Lumajang mengadakan kegiatan Orientasi Dewan Ambalan (ODA).

Kegiatan ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan Petahunan yang berada di Desa Petahunan, Kecamatan Sumbersuko, Kabupatan Lumajang.

Kegiatan dilaksananakan selama 2 hari semalam yaitu mulai Jum’at s/d Sabtu (25-26/10/2019).

Seluruh elemen Gugus Depan Satria Mandala terlibat dalam kegitan ini, mulai dari unsur pembina, pelatih, AKASIA (Assosiation Keluarga Alumni Dewan Ambalan Satria Mandala), calon anggota dewan ambalan satria mandala, dan anggota Dewan  Ambalan sendiri sebagai panita pelaksanannya.

“Kegiatan ODA ini merupakan kegitan tahunan Dewan Ambalan kami, sebagai syarat penerimaan  calon anggota baru dewan. Karena setiap anggota kami harus diadakan suatu pendidikan dan pelatihan sebagai dasar untuk nantinya menjadi anggota dari Dewan Ambalan Satria Mandala” Ujar Rizqika Yanuar Maghfiro selaku Pradana Putra.

“Pramuka itu perlu kegiatan yang menyatu dengan alam. Untuk itu kami adakan kegiatan seperti ini diluar dan di alam terbuka agar kami mampu meng-eksplor alam secara spesifik” lanjutnya.

Sementara itu Putri Ayu Amelia Ketua Panitia mengatakan tema dari kegiatan ini adalah Ksatria Berbudi Bawa Laksana yang bermakna pemimpin yang membentuk sikap konsekuen antara ucapan dan tindakannya.

Hal senada juga disampaikan Muhammad Zainul Arifin, S.Pd. selaku Pelatih Dewan Ambalan "Orientasi dewan ambalan kali ini juga untuk melatih fisik, mental, loyalitas, persaudaraan dan yang paling penting mengenalkan adat di dewan ambalan kepada calon dewan ambalan tersebut” Terangnya.

"Bukan hal yang mudah menyiapkan kegitan kemah di luar lingkungan sekolah dengan rentetan kegitan yang padat seperti ini, hal ini juga tentu untuk melatih anggota dewan dalam menyiapkan kegiatan besar” tambahnya.

Peserta tampak sangat antusias dalam kegiatan, mereka tak meninggalkan kegitan sekalipun, walaupun ada beberapa peserta yang sakit karena memang kondisi tubuh peserta sendiri yang kurang sehat. Ini merupakan hal yang wajar pada tiap kegiatan semacam ini.

Kegiatan terakhir yang sangat berbeda dari sebelumnya adalah kunjungan ke Pabrik Gula Aren, para peserta dapat melihat dengan langsung bagaimana proses produksi gula aren, mulai dari calon gula yang masih berwujud cair hingga padat setelah dimasak.

Kegiatan ini tentunya menambah wawasan peserta dan memacu jiwa produktifitas para peserta.

“Diklat kali ini dari segi pelaksaan lancar, dari segi persiapan lancar, dan sesuai dengan hasil yang diharapkan dari kami. Setelah kegiatan diklat ini para calon dewan ambalan akan resmi menjadi anggota Dewan Ambalan Satria Mandala. Harapan besar saya kegitan kedepannya dapat dipertahankan dan kalua bisa lebih baik lagi” Ujar Drs. Joni, M.Pd selaku Pembina Dewan Ambalan.

Kegiatan diakhiri dengan upacara penutupan sekaligus pelantikan peserta sebagai tanda bahwa peserta resmi menjadi bagian anggota dari Dewan Ambalan Satria Mandala.

Jurnalis Pelajar: Muhammad Sahrul Gunawan.

Posting Komentar

0 Komentar