Meriahnya Festival Batik Lumajang"On The Street"

Peserta Balos menunjukan aksinya 
Lumajang,(DOC)-Dalam rangka peringatan Hari Jadi Lumajang ke 764, Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk memasyarakatkan produk lokalnya. Salah satunya dengan menggelar Batik Lumajang On The Street (Balos) tahun 2019, Sabtu (16/11/2019).

Acara tersebut juga dihadiri dari luar daerah seperti Malang, Surabaya, Jember, Probolinggo dan Banyuwangi. Bahkan dimeriahkan oleh Finalis Putri Indonesia 2019 asal Jawa Timur Bella Putri Ekasandra

Dalam acara tersebut ada dua sesi, pertama dilakukan pada siang hari untuk siswa TK/PAUD/SD dan malam untuk SMP, SMA dan umum. Balos kali ini digelar di Depan Pendopo Arya Wiraraja Lumajang.

Peserta pertama untuk PAUD-SD star Pendopo Arya Wiraraya – Alun-alun Barat – Jl. S. Parman – Finish Adipura.

Sedangkan peserta SMP-SMA-Umum Start Pendopo Arya Wiraraya – Alun-alun Barat – Jl. S. Parman – Adipura – Jl. PB. Sudirman – Finish SDN Tompokersan 1.

Peserta Balos SMP-SMA dan Umum ini dilepas Bupati dan Wakil Bupati Lumajang sekitar Pukul 20.00 WIB.

Tema BALOS tahun ini adalah "Balos Night Carnival "Explore Mahameru" yang sukses menyita perhatian masyarakat yang memadati sepanjang ruas jalan.

Acara Balos sendiri berlangsung sangat meriah hingga pada malam harinya yang mendapatkan respon positif dari masyarakat yang turut memadati kegiatan tersebut.

Dalam pelepasan peserta BALOS di panggung utama, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML dan Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperwati, M.Si, beserta seluruh undangan VIP memakai batik khas Lumajang.

Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq mengajak masyarakat untuk mencintai produk batik lokal . Sebagai produk daerah yang nantinya Kabupaten Lumajang memiliki ciri khas Batik sendiri yang memiliki daya saing yang tinggi dan dapat menjadi produk unggulan Lumajang .

Momen Harjalu ini mudah-mudahan menjadikan BALOS Kabupaten Lumajang semakin dikenal masyarakat yang nantinya dapat meningkatkan perekonomian dengan banyaknya sentra Batik Lumajang diberbagai wilayah di Lumajang.

“Kita harus mencintai produk lokal, seperti batik Lumajang dan semua produk usaha kecil yang diproduksi masyarakat Lumajang,” jelasnya.

Bupati Lumajang menyampaikan bahwa acara BALOS merupakan rangkaian dari HARJALU tahun 2019, itu diharapkan mampu memberikan nilai lebih yang dapat mengenalkan Lumajang secara nasional dengan melibatkan berbagai desainer kelas nasional agar Batik Lumajang lebih terkenal luas ke berbagai daerah di Indonesia.

“Tahun yang akan datang, kami naikan levelnya menjadi level nasional, designer seluruh indonesia akan kami hadirkan di Kabupaten Lumajang, dan diharapkan benar-benar dapat menjadi event yang bisa memperkenalkan Lumajang kepada masyarakat luas,” ujarnya.

Dari informasi yang diperoleh awak media, event Balos 2019 ini, ada 5 katagori, yaitu PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, OPD/Umum/Instansi.

“Bahan yang dilombakan adalah 50 persen batik asli Lumajang bagi peserta asli Kabupaten Lumajang, sedangkan untuk peserta dari luar Kabupaten Lumajang, mengenalkan batik dari daerah asal mereka sendiri,” ungkap salah satu Juri Balos 2019, Indi Wulandari. (Mam)

Posting Komentar

0 Komentar