Danramil Bareng Wabup dan Warga Bersih-Bersih Sungai Kali Temi

anggota TNI tampak bersih disungai
Lumajang,(DOC)-Kepedulian terhadap di lingkungan terus dilakukan di Sungai Kali Temi di Kelurahan Ditotrunan dan kelurahan Jogoyudan, Kecamatan Lumajang, Jumat (15/11/2019).

Acara bersih sungai Kali Temi dihadiri Danramil 0821/01 Lumajang  Kapten Ony Ariyanto, S.H., Wakil Bupati Lumajang Ir. Indah Amperawti, Kapolsek Kota, Ipda Darmanto, dan instansi terkait, serta puluhan warga.

Danramil 0821 Lumajang Kapten Ony Ariyanto, S.H menghimbau agar masyarakat ikut menjaga kelestarian sungai, dengan tidak membuang sampah dan membersihkan sungai secara rutin setiap seminggu sekali.

"turut aktifnya personel Koramil 0821/01 Lumajang dalam kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian Tentara Nasional Indonesia (TNI) kepada masyarakat dan kelestarian sungai," tuturnya.

“Peran aktif masyarakat khususnya yang berada di bantaran sungai sangat diperlukan dalam menjaga kebersihan sungai terutama menjelang musim hujan, agar aliran air selalu lancar dan tidak terjadi penyumbatan yang dapat menyebabkan genangan air di pemukiman masyarakat,” imbuh Ony.
Wakil Bupati ikut membersihkan sampah 

Wakil Bupati Lumajang Ir. Indah Amperawati mengungkapkan saat dilakukan pembersihan, banyak ditemukan sampah plastik dan kain, bahkan ada juga popok bayi serta botol-botol bekas, 

"Ini peringatan kepada masyarakat jangan buang popok bayi, buang plastik di kali, kalau kali ini bersih masyarakat juga sehat," ujar Wabup usai pelaksanaan bersih kali.

Sebelumnya, kali temi juga dimanfaatkan masyarakat untuk budidaya ikan menggunakan keramba. Namun, ada beberapa keramba yang sudah tidak difungsikan. Oleh karena itu, keramba-keramba yang sudah tidak berfungsi akan dibongkar agar tidak menghambat aliran sungai. 

Sementara untuk keramba yang masih berfungsi, kedepan akan diganti dengan keramba yang lebih ramah lingkungan dan tidak permanen.

Disisi lain, Wabup juga menyampaikan keinginan pemerintah untuk menjadikan kali temi sebagai tempat wisata air di wilayah kota.

"Harapannya kalau kali ini bersih dan lancar maka akan digunakan untuk wisata, kita akan berikan perahu untuk wisata," jelasnya.

Penulis : Pendim 0821/Fj
               Imam 
Editor  : Mam

Posting Komentar

0 Komentar