Tandon Pamsimas Desa Babakan Mulai Dibangun untuk Penuhi Ketersediaan Air Bersih

Lumajang, (DOC)  – Bati Tuud Koramil 0821/20 Padang Pelda Sugeng Hariadi mengatakan, bahwa memberikan jaminan ketersediaan air bersih bagi masyarakat sangat penting dilakukan, sebagai upaya dalam menunjang peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di wilayah dataran tinggi dan rawan kekeringan.

Hal tersebut dikatakannya saat membantu proses pembangunan tandon Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas), di Dusun Ngaglik Desa Babakan Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (20/10/2019).

Sugeng juga mengatakan, untuk mencapai tujuan program Pamsimas tidak lepas dari peran aktif masyarakat, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan, terutama di lokasi sumber air, sehingga tidak menyebabkan pencemaran lingkungan yang nantinya berpotensi sebagai sumber penyakit.

“Sebagai anggota TNI (Tentara Nasional Republik Indonesia, red) yang bertugas di wilayah teritorial, kami akan selalu siap membantu mewujudkan kesuksesan program yang telah direncanakan pemerintah, demi mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Babakan Matasid mengungkapkan, pembangunan tandon Pamsimas merupakan program pemerintah sebagai upaya untuk menjamin ketersediaan air bersih bagi masyarakat, khususnya yang terdampak kekeringan.

Ia juga mengungkapkan, bahwa kesejahteraan masyarakat tidak akan tercapai tanpa ditunjang dengan ketersediaan air bersih yang merupakan salah satu faktor utama penunjang kesehatan, karena dengan mengkonsumsi air bersih, masyarakat khususnya anak-anak tidak mudah terserang penyakit diare.

“Dengan dibangunnya tandon air sebagai perwujudan program Pamsimas ini, diharapkan kesehatan masyarakat dapat terjaga, sehingga peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Desa Babakan dapat terwujud,” harapnya. (Pendim 0821/Phie)

Posting Komentar

0 Komentar