Serunya, Tradisi Sedekah Bumi, Warga Labruk Kidul Berebut Tumpeng

Ratusan warga berebut tumpengan hasil bumi
Lumajang, (DOC) - Sedekah bumi digelar warga Labruk Kidul, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (27/10/2019).

Ritual sedekah bumi diawali dengan arak-arakan sejumlah tumpeng raksasa oleh warga setempat. Sejumlah tumpeng raksasa diarak keliling perkampungan.

Setelah diarak keliling perkampungan, tumpeng raksasa tersebut diletakkan di finis yang berada tengah jalan di depan  tenda Panitia.

Tumpeng raksasa yang ada di jalan dikerumuni oleh ratusan warga. Mereka terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa dari dusun setempat yang bersiap merebut setiap isi tumpeng.

Baca Juga : Ragam Acara Unik yang Digelar pada Tradisi Sedekah Bumi Warga Labruk Kidul

Sembari menunggu aba-aba, warga yang ada di sekitar masing-masing tumpeng, saling berdesakkan karena berusaha sama-sama mendekat.

Teriakan histeris dari warga yang mengeliling tumpeng raksasa tak terbendung. Mereka saling adu cepat meraih barang-barang yang ada dalam tumpeng raksasa.

"Saya mendapatkan banyak sayuran, ada kacang, terong, dapat semangka juga," kata Aini, salah satu warga setempat.
Ibu berebut gunungan hasil bumi


Sembari menenteng sayur mayur yang didapatkan olehnya, Aini berharap tradisi sedekah bumi di kampungnya bisa terus dilanggengkan.

Ketua Panitia Ali Ridwan mengatakan, tradisi sedekah bumi baru dilaksanakan di Desa Labruk Kidul.
Tradisi itu, Kata dia, dimaksudkan sebagai ungkapan syukur warga atas melimpahnya hasil panen.

"Kegiatan itu sekaligus sebagai ungkapan pengharapan agar warga Labruk kidul terus dilimpahi keberkahan dan kesejahteraan," tutur Ali Ridwan.

Dalam ritual sedekah bumi, dibuat gunungan atau tumpeng raksasa berisi hasil bumi seperti sayuran, buah-buahan, serta jajanan pasar.

"Ini merupakan bentuk ungkapan syukur atas hasil panen kami yang bertambah. Mudah-mudahan dari acara ini penghasilan dari masyarakat Labruk Kidul  bisa semakin melimpah, terutama dari pertanian," kata Ali Ridwan.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, sedekah bumi merupakan tradisi yang terus dilanggengkan untuk memupuk kebersamaan warga.

"Setiap tumpeng raksasa pada ritual sedekah bumi memiliki makna dan maksud masing-masing. Tujuan utamanya adalah kesejahteraan warga," tutur Ali Ridwan. (Mam)







Posting Komentar

0 Komentar