Ragam Acara Unik yang Digelar pada Tradisi Sedekah Bumi Warga Labruk Kidul

Peserta pawai m
Lumajang, (DOC) - Warga Desa Labruk Kidul, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang menggelar tradisi sedekah bumi. Mereka melakukan kirab gunungan yang berisi hasil bumi sebagai tanda syukur atas melimpahnya habis panen.
Tradisi kirab Pawai Kebudayaan dan tradisi gunungan Desa Labruk Kidul,  Kecamatan Sumbersuko, Minggi (27/10/2019).

Ratusan warga ikut pawai kebudayaan dan mengarak sejumlah gunungan yang terbuat dari hasil bumi desa setempat.

Pawai Kebudayaan dan gunungan hasil bumi itu diarak mulai dari depan Kantor Balai Desa Labruk Kidul hingga menuju Jalan H. Sulthon atau jurusan Grati.

Uniknya, hasil bumi yang di bentuk gunungan lalu di arak keliling desa. Mulai dari buah buahan, palawija hasil pertanian warga desa, hingga makanan kesemuanya di arak oleh ratusan orang mengelilingi desa.
Peserta mengikuti Pawai Kebudayaan

Ketua Panitia, Ali Ridwan mengatakan, Pawai Budaya dan hasil bumi labruk kidul diikuti oleh semua warga Labruk Kidul,  bahkan diikuti oleh pelajar,  kelompak organisasi, dan warga. "Acara di ikuti 8 RW 4 partisipan," ujarnya. 

Menurutnya,  secara filosofis, sedekah bumi digelar sebagai wujud rasa syukur warga akan rezeki yang sudah diberikan Tuhan.  

Warga Labruk Kidul mengawali tradisi sedekah bumi dengan bersama-sama mengumpulkan hasil bumi seperti buah, sayuran, dan kue tradisional ke balai desa.

Hasil bumi yang dikumpulkan warga tersebut nantinya akan dibuat menjadi gunungan. Kemudian arak-arakan dilakukan warga dengan bergotong royong mengelilingi Desa.
Peserta Pawai Kebudayaan saat menari

Hal menarik, sembari membawa hasil bumi ke balai desa, warga berdandan sedemikian rupa mengenakan pakaian tradisional, topi dedaunan, hingga kostum tokoh pewayangan.

"Selain menunjukkan rasa kemanusiaan dengan berbagi rezeki, tradisi sedekah bumi dapat pula menjadi sarana mempererat silaturahmi dan semangat gotong royong antarwarga," tutur Ali Ridwan.

Sementara itu,  Kepala Desa Anshori, mudah-mudahan dengan kegiatan ini bisa membawa berkah untuk warga Labruk Kidul.

"Kami ingin mengajak masyarakat untuk bisa membangun Labruk Kidul,  menjadi guyup rukun," terangnya. (Mam)


Posting Komentar

0 Komentar