PPAB GMNI UM, Cetak Kader Militan Berjiwa Marhaenisme

Malang (DOC) - Dewan Pengurus Komisariat (DPK) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Universitas Negeri Malang (UM) sukses menggelar Pekan Penerimaan Anggota Baru (PPAB) yang bertempat di Jl. Mergan Sekolahan, Kel. Tanjungrejo, Kec. Sukun, Kota Malang, Kamis (03/10/2019).

Kegiatan PPAB ini bertujuan untuk melakukan pengkaderan organisasi dalam rangka mempersiapkan kader meneruskan tongkat estafet kepemimpinan organisasi.

Ketua DPK GMNI UM Dinas Iriandana mengatakan, rangkaian kaderisasi ini merupakan syarat mutlak bagi setiap mahasiswa yang bergabung di GMNI untuk dibentuk menjadi manusia yang memiliki jiwa Nasionalisme dan Patriotisme yang tinggi dan siap menjadi kader-kader yang progresif untuk mengawal Ideologi Pancasila.

“Ini merupakan langkah awal bagi mereka untuk menjadi kader-kader yang militan dan progresif sehingga dapat mengawal Ideologi Pancasila hingga akhir hayat” Pungkas Bung Dinas kepada media.

PPAB kali ini diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari berbagai jurusan, diantaranya jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn), Sejarah, Geografi, Sosiologi, Pendidikan Ilmu Sosial (PIPS) dan Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Bahkan juga terdapat peserta angkatan 2017 dan 2018.

Kegiatan yang dimulai pukul 19.00 WIB s/d 22.00 WIB, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. dilanjutkan empat materi diantaranya Peran mahasiswa, Nasionalisme, KeGMNIan dan yang terakhir adalah Sarinah.

Sementara itu, Ketua DPC GMNI Malang Bung Dion juga menjadi pemateri Nasionalisme  mengatakan "Negara Indonesia sekarang ini sedang dilanda problematika yang banyak, untuk itu dibutuhkan kader-kader yang revolusioner untuk menyuarakan suara-suara rakyat salah satunya melalui GMNI" Paparnya.

Perlu diketahui bahwa, GMNI memiliki azas perjuangan Marhaenisme sesuai dengan apa yang diajarkan Bung Karno, dengan moto yang sangat membumi yakni Pejuang Pemikir – Pemikir Pejuang.

Kegiatan PPAB ini ditutup dengan pembacaan ikrar GMNI oleh seluruh peserta.

Sementara itu Laksmana Prammana Agung salah satu peserta PPAB yang juga mahasiswa baru Hkn FIS UM mengatakan "Saya sebagai mahasiswa baru merasa bangga bergabung dengan GMNI, karena melalui wadah organisasi GMNI, kami para mahasiswa  punya ruang bersama untuk membangun kader yang sesuai dengan prinsip perjuangan GMNI yang tangguh menghadapi persoalan-persoalan bangsa dan berani mengimplementasikan apa yang menjadi ideologi perjuangan GMNI sebagai abdi rakyat sejati” Ujarnya.

Jurnalis Warga: Diky Divani (Anggota GMNI UM).

Editor: Yopi Aris W

Post a Comment

0 Comments