Latihan Crash Team dan Airbag Jack Teamdi Lanud Abdulrachman Saleh

Malang, (DOC)  - Dinas Operasi Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Rabu (16/10) melaksanakan latihan lapangan tim penanganan kecelakaan pesawat terbang dan tim airbag jackdi sekitar landasan Lanud Abdulrachman Saleh.

Latihan bertujuan memelihara kemampuan dan keterampilan anggota crash team dan airbag jack team Lanud Abdulrachman Saleh dalam menghadapi kemungkinan kondisi emergency seperti kebakaran hanggar, gedung/perkantoran, maupun kecelakaan pesawat terbang di lingkungan Lanud Abdulrahman Saleh.

Menurut Kasi Base Ops Dinas Operasi Lanud Abdulrachman Saleh Letkol Pnb Dodik Supriyanto, S.Sos., MMDS., latihan melibatkan puluhan personel, kendaraan dan peralatan Pemadam Kebakaran Lanud Abdulrachman Saleh, insub dan Bandara Abdulrachman Saleh juga ambulance dan personel lainnya.

Latihan telah didahului dengan beberapa kegiatan seperti bina kelas tentang prosedur crash team danairbag jack, refresh emergency, table top,praktek parsial dan penyiapan alat peralatan latihan pada dua hari sebelumnya.  

Pada puncak latihan dilatihkan dua kegiatan yaitucrash team dan airbag jack team.

Pada latihan crash teamdiskenariokan pesawat airbus yang berpenumpang 100 orang mengalami kecelakaan dengan mengeluarkan asap di sebelah kiri landasan Lanud Abdulrachman Saleh.

Selanjutnya Tim Pemadam Kebakaran meliputi mobil komando, mobil pemadam kebakaran, ambulance dan lainnya segera bertindak mendekati lokasi.

Sesampainya di lokasi, tim berbaju anti api mengeluarkan penumpang dari dalam pesawat, tim kesehatan menangani korban yang luka dan membawanya ke rumah sakit terdekat, tim juga memadamkan api yang berkobar serta mengevakuasi pesawat agar keluar dari landas pacu.  

Selanjutnya disimulasikan pula latihan airbag jack team yaitu tim teknik yang berupaya melaksanakan recovery pesawat menggunakan peralatan airbag jack.

Latihan disaksikan pula oleh Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Marsma TNI Hesly Paat beserta Kadisops, Kadispers dan pejabat terkait lainnya. Latihan dapat berlangsung dengan lancar dan aman.(Mam)

Posting Komentar

0 Komentar