Petani Kecamatan Rowokangkung Diharapkan Jaga Kebersihan Jaringan Irigasi Blukon

Lumajang, (DOC) - Petani Kecamatan Rowokangkung diharapkan dapat menjaga kebersihan dan memelihara jaringan irigasi yang telah terbangun, agar dapat menunjang upaya peningkatan hasil produksi pertanian guna mendukung keberhasilan Program Ketahanan Pangan Nasional.

Hal tersebut disampaikan Bati Tuud Koramil 0821/16 Rowokangkung Pelda Amari usai acara Peresmian Rehabilitasi Pemeliharaan Jaringan Irigasi Blukon, bertempat di lahan pertanian Kelompok Tani (Poktan) Sumber Tani Dusun Selok Ondung Desa Sumbersari Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (31/10/2019).

Amari juga menyampaikan, bahwa selain melaksanakan tugas pembinaan wilayah, Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga berkewajiban untuk mendampingi petani dalam upaya peningkatan hasil pertanian, guna mendukung suksesnya Program Ketahanan Pangan Nasional seperti yang diharapkan pemerintah.

“Dengan adanya jaringan irigasi yang baik dan lancar dalam mengalirkan air, sangat menunjang proses kegiatan pertanian, sehingga nantinya petani tidak akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan air bagi lahan sawah yang dimiliki,” ujarnya.

Selain itu, disampaikan Amari, bahwa infrastruktur jaringan irigasi yang ada hendaknya selalu dijaga kebersihannya, agar dapat mengalirkan air dengan lancar serta tidak terhambat oleh sampah dan tanaman liar.

Ia menambahkan, bahwa untuk menjaga kelancaran tersebut, petani diharapkan dapat menjaga kondisi jaringan irigasi, dengan membersihkan sampah dan tanaman liar yang ada, sehingga nantinya tidak sampai menyumbat aliran air.

“Dengan diresmikannya Rehabilitasi Pemeliharaan Jaringan Irigasi Blukon ini, diharapkan dapat menambah motivasi petani dalam meningkatkan hasil panen di wilayah Kecamatan Rowokangkung, sehingga dapat menunjang suksesnya Program Ketahanan Pangan Nasional di Kabupaten Lumajang,” pungkasnya. (Pendim0821/Fj)

Posting Komentar

0 Komentar